Kajianberita.com
Beranda Internasional Kereta Api Tabrakan di Yunani, 29 Orang Tewas, 85 Orang Terluka

Kereta Api Tabrakan di Yunani, 29 Orang Tewas, 85 Orang Terluka

Dua Kereta Bertabrakan di Yunani, 29 Tewas dan 85 Luka-luka Rabu, 01 Maret 2023 – 11:01 WIB, . (Kajianberita/Atlanta News First)

ATHENA – Kereta api berpenumpang lebih dari 350 orang berabrakan dengan kereta api barang, Selasa (28/2/2023) malam di Tempi, Yunani Tengah, dekat Kota Larissa Athena.

Dinas Pemadam Kebakaran Yunani mengungkapkan sedikitnya 29 orang tewas dan lebih dari 85 orang terluka.

“Kami baru saja mendengar ledakan…gerbong (kereta api) mulai berputar, sebelum berhenti ke samping saat kami berhasil keluar,” kata seorang penumpang pria kepada stasiun televisi Yunani ERT yang dikutip CNN, Rabu (1/3/2023).

“Itu adalah mimpi buruk 10 detik dengan api, Anda tidak bisa melihat banyak dari asap,” kata penumpang kedua.

Dinas Kebakaran Yunani mengatakan upaya penyelamatan sedang dilakukan dan jumlah korban tewas diperkirakan akan terus meningkat.

Kereta yang nahas itu tengah melakukan perjalanan dari Ibu Kota Athena ke Thessaloniki, sebuah kota Yunani yang terkenal dengan festival dan kehidupan budayanya yang semarak.

Tabrakan itu terjadi setelah karnaval nasional pada akhir pekan yang diakhiri dengan hari libur nasional pada Senin.

Gambar-gambar di ERT menunjukkan kepulan asap tebal keluar dari gerbong kereta api yang terguling dan barisan panjang kendaraan penyelamat di sebelahnya.

Sementara itu, petugas penyelamat dengan obor mencari korban selamat di gerbong saat paramedis memimpin penumpang yang terguncang jiwanya menjauh dari tempat kejadian.

Gambar tersebut juga menunjukkan beberapa penumpang yang selamat tiba di Thessaloniki.

Dalam briefing yang disiarkan televisi, juru bicara Dinas Pemadam Kebakaran Yunani Vassilis Varthakogiannis mengatakan bahwa kereta penumpang itu membawa 350 orang.

“Setidaknya 150 petugas pemadam kebakaran dengan 17 kendaraan dan 40 ambulans terlibat dalam operasi penyelamatan,” tambah Varthakogiannis.

Perusahaan kereta api Yunani, Hellenic Train, dalam siaran persnya mengatakan bahwa ada tabrakan langsung antara dua kereta yaitu kereta barang dan kereta IC 62 yang berangkat dari Athena ke Thessaloniki.

Pihak berwenang mengatakan masih belum jelas apa yang menyebabkan tabrakan itu. (*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan