Kajianberita.com
Beranda Headline KPK Hari ini Panggil Pejabat Ditjen Pajak Kaya Raya yang Anaknya Lakukan Penganiayaan

KPK Hari ini Panggil Pejabat Ditjen Pajak Kaya Raya yang Anaknya Lakukan Penganiayaan

Rafael Alun Trisambodo

Dorongan public agar KPK memeriksa pejabat Ditjen Pajak, Rafael Alun Trisambodo dalam kasus korupsi, akhirnya terealisasi juga. Melalui jaringan telepon,  Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan kepada Kajianberita, Rabu pagi (1/2/2023) menyatakan kalau pemanggilan terhadap Rafael akan dilakukan hari ini.

Rafael akan diklarifikasi terkait kekayaannya yang mencapai Rp56 miliar.

“(Klarifikasi, red) di gedung Merah Putih KPK. Jam 09.00 WIB,” kata Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan.

Sementara itu, Plt Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati menyatakan Rafael sudah menerima surat dari KPK. Bahkan, tembusan surat ini ditujukan ke atasannya.

Ipi Maryati menyebut ada berkas yang harus disampaikan Rafael saat proses klarifikasi dilakukan. Salah satunya, surat yang menunjukkan kepemilikan aset.

“Saya kira semua bukti atas kepemilikan harta yang didaftarkan di LHKPN itu harus disertakan,” ujarnya.

Kekayaan Rafael jadi sorotan setelah anaknya, Mario Dandy Satrio menganiaya David yang masih berusia 17 tahun. Video penganiayaan itu beredar luas di media sosial.

Setelah kasus tersebut, sejumlah video Mario mengumbar kekayaannya berupa motor Harley Davidson disoroti warganet. Tak hanya itu, publik juga menyoroti kepemilikan mobil Rubicon yang digunakan saat penganiayaan terjadi.

Namun, motor Harley Davidson dan Rubicon itu ternyata tak ada di daftar harta yang dilaporkan Rafael. Adapun jumlah kekayaan yang disampaikannya pada Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) per 17 Februari 2022 mencapai Rp56 miliar.

Jumlah itu melebihi kekayaan Dirjen Pajak Suryo Utomo sekitar Rp14 miliar yang merupakan atasan Rafael. Bahkan, jumlah harta Rafael hanya kalah tipis dari harta Mentei Keuangan Sri Mulyani sebesar Rp58 miliar dari total Rp67,2 miliar dipotong utang.

Lantas dari mana semua kekayaan itu? Ini yang menjadi pertanyaan banyak pihak. Sampai-sampai Menteri Keuangan Sri Mulyani sangat terheran-heran  dengan jumlah harta yang dimiliki Rafael.

“Itu jumlah yang tidak masuk diakal kalau hanya dari gaji dan tunjangan yang didapat,” kata Sri Mulyani.  Oleh sebab itu Sri Mulyani sangat mendukung KPK untuk memanggil anak buahnya itu guna klarifikasi sumber-sumber harta kekayaanya. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan