Kajianberita.com
Beranda Nasional Pengamat Politik Yakin PDIP akan Kelimpungan Kalau Anies Bergandengan dengan AHY

Pengamat Politik Yakin PDIP akan Kelimpungan Kalau Anies Bergandengan dengan AHY

Anies Baswedan dan AHY

Sosok yang menjadi pendamping Anies Baswedan sebagai calon wakil Presiden 2024 masih belum jelas. Meski demikian, kalangan pengamat yakin,  posisi Anies bakal menjadi semakin kuat jika berpasangan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres) Anies-AHY bakal membuat kerepotan lawan-lawan politiknya dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Penilaian tersebut disampaikan pengamat politik Dedi Kurnia Syah, Minggu 26 Februari 2023. Dedi mengatakan AHY akan menjadi ancaman bagi rival Koalisi Perubahan, terutama PDIP. Pasangan Anies-AHY akan membuat Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berpikir panjang untuk menentukan siapa Capres-Cawapres yang bakal diusung.

“Karena, AHY ini penting bagi rivalnya nanti, terutama bagi PDIP. Ibu Megawati akan berpikir dua kali untuk mengusung Ganjar, ketika AHY ikut kontestasi,” ujar Dedi.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) menambahkan, Anies elektabilitas Anies akan lebih kuat jika berdampingan dengan AHY ketimbang figur dari PKS. Pasalnya figur-figur dari PKS dirasa kurang mampu meningkatkan elektabilitas Anies, meskipun tergolong tokoh senior dengan rekam jejak terbaik bagi bangsa.

“Karena, PKS ini stagnan, tokoh-tokohnya stagnan, terlebih juga tokoh yang paling populer sekalipun, Aher, Ahmad Syaikhu, dan Dr. Salim, dibandingkan 20 tokoh nasional mereka mungkin berada di urutan belakang,” tuturnya.

Sebelumnya Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sangat layak menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) mendampingi Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan.

“Kalau ditanya pantas, sekali lagi saya katakan, lebih dari pantas,” ujar Surya Paloh.

Pernyataan tersebut disampaikan Surya Paloh saat berbicara usai berkunjung ke Kantor DPP Partai Demokrat Rabu 22 Februari 2023. Dalam kunjungan tersebut Surya Paloh melakukan pertemuan tertutup dengan AHY.

Saat menjawab pertanyaan awak media, bos Media Group ini kembali menegaskan pihaknya memberikan kebebasan penuh kepada Anies Baswedan untuk menentukan siapa yang akan mendampinginya dalam mengikuti kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Pernyataan tersebut sempat disampaikan Surya Paloh saat mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres 2024, di NasDem Tower, Senin 3 Oktober 2022 silam.

Surya Paloh menyampaikan untuk memilih Cawapres harus mempertimbangkan unsur kecocokan dengan Anies sebagai Capres.

“Bagaimana pun, keputusan akhir ada di tangan capres (Anies Baswedan). Dari awal, saya katakan mengenai masalah pelaksanaan cawapres, dari sejak awal deklarasi, saya serahkan kepada capres. Kalau nanya pendapat saya, (AHY) cocok,” ujarnya. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan