Kajianberita.com
Beranda Nasional Tahap Uji Coba, BMKG Pasang Alat Deteksi Gempa di 250 Titik

Tahap Uji Coba, BMKG Pasang Alat Deteksi Gempa di 250 Titik

BMKG saat ini tengah menguji coba teknologi deteksi dini gempa bumi hasil kerja sama dengan China di 250 titik.

JAKARTA – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, mengatakan saat ini BMKG tengah uji coba teknologi alat deteksi dini gempa bumi di 250 titik.

“Kami fase eksperimen dengan China dengan pasang alat di 250 titik dan sedang kami uji coba. Karena ada beberapa alat yang harus terus diujicobakan,” kata Dwikorita pada diskusi ‘Mitigasi Bahaya Secara Cepat Sebagai Upaya Antisipasi Dini Untuk Memahami Potensi Bahaya Gempa Bumi dan Risikonya’ di Jakarta yang dilansir CNN, Kamis (2/3/2023).

Menurutnya teknologi tersebut masih dalam tahap uji coba dan belum dapat digunakan karena masih terjadi kesalahan.

“Tidak bisa langsung dipraktikkan karena beberapa kali yang satu dua kali pernah cocok tapi selanjutnya belum cocok,” kata Dwikorita.

Dijelaskannya, teknologi yang tengah disiapkan itu nantinya akan menyampaikan pesan singkat sebelum kejadian gempa.

“Nantinya 10-15 detik sebelum gempa bisa ada perintah dari sms, sehingga ada waktu untuk warga lari keluar rumah,” ucapnya.

Dia menyebut teknologi tersebut masih dalam uji coba. Teknologi tersebut masih belum dapat digunakan karena sesekali masih melakukan kesalahan.

“Jadi harus diuji coba dilanjutkan lagi. Insyaallah dapat segera siap. Jadi teknologi harus segera dikembangkan,” ungkapnya.

Tak hanya itu, kata Dwikorita, perlu studi kajian seputar gempa karena masih banyak lempeng di Indonesia yang masih belum diketahui. (*)

BACA JUGASejumlah Daerah di Indonesia Diguncang Gempa, Berikut Data BMKG

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan