Kajianberita.com
Beranda Headline Ingat, Mulai Besok Sejumlah SPBU di Sumut Wajibkan Pelanggan Pakai Aplikasi MyPertamina

Ingat, Mulai Besok Sejumlah SPBU di Sumut Wajibkan Pelanggan Pakai Aplikasi MyPertamina

Medan – Sistem pembelian minyak bersubsidi di Sumut akan mulai diperketat. Untuk tahap awal ini,  pengetatan itu berlaku untuk pembelian solar bersubsidi. Setelah itu akan berlaku kebijakan yang sama untuk pembelian pertalite bersubsidi.

Untuk itu, mulai besok 7 Maret, Pertamina wilayah Sumut akan memberlakukan pembelian solar bersubsidi di seluruh SPBU Sumatera Utara wajib menggunakan QR Code melalui aplikasi MyPertamina.

Sejumlah SPBU yang ada di Kota Medan dan Kabupaten lainnya di Sumut sudah menyiapkan tempat pendaftaran untuk membantu masyarakat yang ingin mendapatkan solar subsidi.

Seperti di SPBU 142051139 Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdangbedagai. Pantuan Tribun, Senin (6/3/2023), sopir truk bermuatan tampak diarahkan untuk mengisi pendaftaran.

Lina,  Supervisor SPBU di sana mengatakan, pihak telah menyediakan tempat pendaftaran untuk membantu masyarakat yang belum terdaftar di aplikasi MyPertamina.

“Kami sudah membuat tempat pendaftaran, nanti akan dipandu oleh pegawai agar masyarakat dapat terbantu. Kita buka waktu pendaftaran mulai jam 9 sampai jam 12 siang dan jam 2 sore hingga 4 sore,” ujar Lina, Senin (6/3/2023).

Meski begitu penerapan penggunaan MyPertamina bukan tanpa kendala. Lini mengatakan, sejauh ini masih banyak yang belum mendaftar. Tak jarang masyarakat juga belum mengetahui kebijakan tersebut.

“Karena banyak juga yang belum daftar, karana masyarakat juga belum tau, jadi memang kendalanya di sana. Makanya kami selalu minta agar masyarakat segera mendaftarkan diri,” ujar Lina.

Pemberlakuan penggunaan MyPertamina untuk masyarakat yang menggunakan BBM bersubsidi bertujuan agar dapat memantau subsidi tepat sasaran.

Suhanto Nasution pengelola SPBU lainya menyebutkan, meski diterapkan mulai Selesai besok, Pertamina masih memberi kemudahan bagi masyarakat yang belum terdaftar di MyPertamina.

“Memang sudah mulai akan diterapkan mulai besok. Namun masih khusus BBM jenis solar. Dan bagi masyarakat yang belum terdaftar masih bisa membeli,” kata Suhanto.

Meski begitu, tambah Suhanto pihak SPBU akan menerapkan pembatasan bagi kendaraan yang belum terdaftar. Suhanto menyebutkan, pihaknya akan memberikan maksimal 15 liter untuk pengendara yang belum terdaftar di MyPertamina.

“Tapi kalau yang belum ada batasan 15 liter ada batasan itu sesuai dengan rekomendasi Pertamina dan kami akan lakukan itu. Karena masih ada kelonggaran kami akan terus mengajak masyarakat untuk mendaftarkan sebagai penerima BBM Subsidi,” tuturnya.

Cara mendaftar bagi kendaraan pribadi.

  1. Foto KTP
  2. Foto diri
  3. Foto STNK tampak depan dan tampak belakang dalam satu dokumen
  4. Foto kendaraan tampak semua
  5. Foto kendaraan tampak pelat nomor.

 

Cara mendaftar kendaraan umum.

  1. Foto KTP
  2. Foto diri
  3. Foto STNK tampak depan dan tampak belakang dalam satu dokumen
  4. Foto kendaraan tampak semua
  5. Foto kendaraan tampak pelat nomor.
  6. Surat Kir Kendaraan (*)

 

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan