Kajianberita.com
Beranda Lifestyle Wow, Wuling Bakal Produksi Motor Cruiser yang Mirip Model Harley Davidson

Wow, Wuling Bakal Produksi Motor Cruiser yang Mirip Model Harley Davidson

Wuling motor cruiser Serpol No.1

Perusahaan milik China, Wuling ternyata tidak hanya focus memproduksi mobil. Mereka juga akan memproduksi sepeda motor cruiser yang bentuknya mirip Harley Davidson. Mereka menamakan kendaraan itu dengan sebutan  Serpol No.1.

Sepeda motor ini adalah cruiser teranyar Wuling buatan China dengan kualitas internasional. Produsen kendaraan asal China ini merancang Serpol No.1 untuk pasar Asia dalam beberapa waktu mendatang.

Mengusung motor tipe cruiser kecil, Serpol No.1 memiliki ketinggian jok yang cukup rendah. Hal ini tentu sangat ramah baik bagi pengendara pemula maupun yang berpengalaman untuk menjelajah.

Kendaraan roda dua tersebut memiliki gaya penjelajah yang neo-retro ditambah tampilan yang sporty dan agresif. Terlihat dari sekilas, Serpol No.1 memiliki kemiripan dengan Honda Rebel 500.

Namun mirip tak hanya tampilan saja desain misalnya, Wuling Serpol No.1 menggunakan desain yang sama dari Honda Rebel 500. Namun, pada lampu depan, terdapat semacam pelindung lampu yang sporty yang memberikan tampilan keren pada motor tersebut.

Motor ini dilengkapi lampu LED depan maupun belakang, tangki bahan bakar miring serta sepatbor yang terbuka pada bagian belakang. Ban yang tebal memberikan isyarat bahwa motor tersebut memang digunakan untuk menjelajah. Serpol No.1 juga menggunakan pelek jari-jari yang membuat kesan retro pada motor tersebut makin kental.

Dari segi performa, Wuling Serpol No.1 memakai mesin 494 cc, mesin yang umum dipakai pada industri motor di China. Ini merupakan versi pembaharuan dengan tenaga yang lebih besar bila dibandingkan tahun 2021.

Meski demikian, mesin tersebut merupakan mesin yang sama dengan Honda Rebel 500. Dengan menghasilkan 54 dk serta dengan transmisi enam percepatan, alhasil Wuling Serpol No.1 siap menjadi motor penjelajah segala kondisi.

Secara penampilan, Serpol No.1 terbilang menarik. Gaya cruiser khas, setang tinggi dan jok yang rendah khusus untuk bikers yang ingin berkendara santai. Meski mirip Honda Rebel, menariknya ada semacam fairing yang menyelimuti bagian headlamp-nya.

Pada bagian kaki-kaki, Serpol No.1 menganut gaya Bobber dengan velg berdiameter 16 inci. Velg itu dibalut dengan ban berukuran 130/90, untuk kedua rodanya.

Serpol No.1 ini dibekali dengan mesin berkonfigurasi 2 silinder segaris 494 cc DOHC 8 katup berpendingin cairan. Untuk tenaga, merujuk pada spek mesin motor Loncin sebesar 54 dk @8.500 rpm dengan torsi maksiumum 50,5 Nm @7.000 rpm.

Sangat disayangkan, Wuling belum memberikan informasi spesifikasi detail lainnya untuk Serpol No.1 ini. Berdasarkan foto yang beredar, bisa kita lihat motor ini gunakan dual muffler dan juga rem ABS. Panel instrumen, juga sepertinya sudah menganut teknologi full digital.

Serpol No.1, sejauh ini masih dalam tahap perkenalan. Wuling sendiri belum merilis secara resmi kapan motor ini mulai dijual. Sehingga, untuk soal harga Wuling juga belum informasikan berapa harga motor ini.

Pastinya pasti sangat menarik, jika motor Serpol No.1 ini bisa dihadirkan di Indonesia. Sebagai gambaran Sobat Bikers, Honda Rebel 500 di Indonesia dijual dengan harga Rp 199 jutaan (OTR DKI Jakarta. Tentunya Serpol No.1 bisa lebih murah dari itu. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan