Kajianberita.com
Beranda Politik KIB Terancam Bubar Setelah PPP Berencana Bangun Koalisi dengan PDIP

KIB Terancam Bubar Setelah PPP Berencana Bangun Koalisi dengan PDIP

Romahurmuzy mewakili PPP saat bertemu dengan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto membahas rencana koalisi PDIP dan PPP

Ketua Majelis Pertimbangan PPP Muhammad Romahurmuziy alias Romy mengaku partainya telah diajak koalisi oleh PDIP guna menghadapi Pilpres 2024. Rencana koalisi itu pun sedang dibahas di internal PPP.

Romy mengatakan ajakan koalisi itu bahkan telah disampaikan PDIP sejak lama saat partainya masih dipimpin oleh Suharso Monoarfa. Ajakan itu kembali disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto saat keduanya bertemu pada Rabu (1/3) lalu.

“Ajakan koalisi kepada PPP oleh Mas Hasto sebenarnya sudah lama, sejak Plt Ketum Pak Harso dan kemarin diulangi lagi waktu ketemu,” kata Romy, hari ini selasa (7/3). Romy menilai pembahasan soal koalisi antar partai sebagai hal yang yang wajar, apalagi pelaksanaan Pilpres 2024 juga semakin dekat.

Kepada dirinya, Hasto mengungkap alasan PDIP mengajak koalisi PPP. Pertama, menurut Romy, mantan Ketua Majelis Syariah DPP PPP, KH Maimoen Zubair pernah berpesan kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri agar menjaga PPP.

Namun, dia bilang komunikasi PPP dan PDIP saat ini masih dalam proses penjajakan. Jika rencana ini berhasil, praktis Koalisi Indonesia baru (KIB) yang dibangun tiga partai, yakni Golkar, PPP dan PAN, sudah pasti akan bubar.

Romy sendiri mengakui potensi bubarnya KIB sangat besar, sebab sampai sejauh ini  belum ada kemajuan berarti dari KIB mengenai sosok capres-cawapres yang akan diusung. Apalagi  dinamika politik masih sangat cair dan banyak figur potensial yang tersedia.

“Jadi kemungkinan perubahan (partai masuk atau keluar) di KIB pun masih sangat besar, baik pasangan koalisi parpolnya maupun capres-cawapresnya,” ungkapnya.

Meski demikian,  Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono menegaskan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tetap  solid untuk menghadapi Pilpres 2024.

Dave menyampaikan itu untuk merespons pernyataan Romy yang berbicara soal potensi KIB bubar lantaran belum ada kemajuan soal capres-cawapres yang akan diusung.

“Sampai saat ini KIB masih solid kok,” kata Dave.

Dave memastikan komunikasi antara Golkar, PPP dan PAN masih terus berjalan. KIB sudah memiliki sejumlah jadwal aktivitas bersama yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

Dave selanjutnya tidak ingin mengomentari lebih lanjut soal pernyataan Romy yang mengklaim PPP diajak PDIP untuk bergabung dalam koalisi menuju Pilpres 2024. Ia juga meminta publik untuk menunggu potensi partai lain yang akan masuk berkoalisi dalam KIB. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan