Kajianberita.com
Beranda Sumut Mahasiswa Fakultas Hukum dan Teknik USU Saling Baku Hantam Gegara Kompetisi Futsal

Mahasiswa Fakultas Hukum dan Teknik USU Saling Baku Hantam Gegara Kompetisi Futsal

Suasana bentrok antara mahasiswa Teknik dan Hukum USU gegara perselisihan saat pertandingan futsal

Medan—  Seperti bocah SMA, mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) terlibat tawuran antar fakultas.    Aksi tawuran itu melibatkan mahasiswa Fakultas Teknik dan Fakultas Hukum.  Dalam video yang beredar,  puluhan mahasiswa terlibat bentrok di dalam Kampus USU itu sehingga lapangan futsal yang sejatinya tempat pertandingan menjadi berantakan.

Ada puluhan mahasiswa di dalam areal futsal tersebut yang saling baku hantam. Tampak sebagian dari mereka saling tending, tonjok dan bahkan melempar kursi. Akibatnya beberapa peralatan di lapangan itu rusak berat.

Kanit Reskrim Polsek Medan Baru, Iptu Massagus Zailani mengatakan, bentrokan tersebut mulai terjadi, pada Senin (6/3/2023) kemarin. Awalnya hanya berupa konflik kecil saat berlangsungnya pertandingan futsal antar fakultas.

Senin itu yang memang bertanding adalah tim Futsal Teknik melawan tim futsal Hukum. Ada salah satu pemain yang merasa dikasari oleh pemain lain, sehingga memicu konflik antar pemain lainnya. Suasana menjadi riuh setelah penonton ikut nimbrung dalam perdebatan itu.

Wasit sudah berupaya bertindak tegas, tapi banyaknya massa membuat mereka dan panitia tidak berdaya.  Jangankan untuk melerasi situasi, bahkan panitia dan wasit juga menjadi korban akibat bentrokan itu.

Kepala Humas USU, Amalia membenarkan bahwa perkelahian ini terjadi akibat ada cekcok saat pertandingan Futsal.

“Bentrok akibat pertandingan Futsal,”ujar Amalia di Grup WhatsApp Forum Jurnalis USU, Selasa (7/3/2023). Amalia mengatakan pihak rektorat juga akan melakukan mediasi antar dua fakultas itu.

“Besok akan diadakan mediasi antara Pihak Fakultas Teknik dan Fakultas Hukum,”ujarnya.

Amalia juga memastikan kondisi sudah dalam situasi kondusif. Pihak keamanan dari USU dan kepolisian sudah berjaga. Sedangkan kompetisi tetap dilanjutkan.

Bentrokan antar mahasiswa tampanya sudah lazim di kampus USU manakala ada pertandingan olahraga antar fakultas. Bentrokan ini tidak boleh dianggap enteng, sebab konflik itu bisa saja terbawa-bawa di luar pada hari-hari di luar pertandingan.

Tidak jarang  bentrok antar mahasiswa itu berbuntut Tindakan anarki yang bisa menghancurkan sarana kampus.  Oleh sebab itu, upaya penyelesaian terhadap kasus itu  harus secepatnya dilakukan agar konflik antar fakultas tidak berkepanjangan. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

google.com, pub-4618385670255637, DIRECT, f08c47fec0942fa0