Kajianberita.com
Beranda Sumut Selama 14 Hari Menjelang Ramadhan, Poldasu Gelar Operasi Keselamatan Toba 2023

Selama 14 Hari Menjelang Ramadhan, Poldasu Gelar Operasi Keselamatan Toba 2023

Brigjen Pol Jawari mengecek pasukan di halaman Poldasu sebagai tanda dimulainya Operasi Keselamatan Toba mulai Rabu 8 Maret 2023.

Polda Sumut resmi menggelar Operasi Keselamatan Toba 2023 secara serentak di wilayah Provinsi Sumatera Utara selama 14 hari ke depan. Seremoni dimulainya operasi itu  ditandai dengan digelarnya apel pasukan di Lapangan Bola Mapolda Sumut dipimpin Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Jawari, Rabu (8/3).

Pelaksanaan Operasi Keselamatan Toba 2023 ditandai dengan pemasangan pita kepada personel gabungan dari Ditlantas Polda Sumut, Dishub, Satpol PP, TNI serta instansi terkait.

Wakapolda Sumut, Brigen Pol Jawari, mengatakan digelar Operasi Keselamatan Toba 2023 bertujuan meningkatkan kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat khususnya pengguna jalan di Sumatera Utara.

“Tujuan akhirnya dengan patuh dan disiplin maka terwujudlah keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas di Sumut,” ujar Brigen Pol Jawari.

Untuk kelancaran operasi itu, personel yang dilibatkan Poldasu  telah diberitahukan mengenai cara bertindak yakni preemtif, preventif dan represif terbatas.

Tindakan preemtif ini ditujukan untuk mengantisipasi gangguan faktor-faktor korelatif penyebab kemacetan, kecelakaan, pelanggaran lalu lintas menjadi titik terdepan selama digelarnya Operasi Keselamatan Toba 2023. Tindakan preventif untuk mengantisipasi ambang gangguan atau peningkatan patroli penjagaan pengaturan lalu lintas dan sebagainya. Sedangkan Tindakan represif lebih terbatas karena langkah bersifat penegakan hukum yang tegas.

“Kita akan selektif dalam memberikan Tindakan represif,” kata Jawari.

Tujuan utama pelaksanaan Operasi Keselamatan Toba 2023, kata Jawari, adalah untuk menciptakan situasi arus lalu lintas tetap kondusif saat menghadapi memasuki Bulan Ramadan dan Idul Fitri.

“Dengan demikian diharapkan pada saat Operasi Ketupat Toba 2023, situasi arus lalu lintas selama Ramadhan dan menjelang lebaran berjalan aman, tertib, lancar dan terkendali. Saya berharap masyarakat Sumut mendukung operasi Keselamatan Toba ini,” katanya. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan