Kajianberita.com
Beranda Sumut Bupati Berharap Banyak Guru dan Tenaga Pendidik di Toba yang Cakap Digital

Bupati Berharap Banyak Guru dan Tenaga Pendidik di Toba yang Cakap Digital

Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Toba melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Toba gelar pelatihan. (Kajianberita/Kominfo Toba)

TOBA– Dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul di era revolusi industri 4.0, sejumlah langkah pun dilakukan pemerintah kabupaten Toba.

Salah satunya yakni menggelar program Pelatihan Thematic Academy Aplikasi Perkantoran dan Desain Grafis untuk Guru dan Tenaga Kependidikan.

Pelatihan itu diinisiasi oleh Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia & Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Toba melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Toba, di Auditorium IT Del Sitoluama, Laguboti, Jumat, 10 Maret 2023.

BACA JUGA : Ikut Promosikan F1H2O, 3 Pemilik Akun Ini Dapat Tiket Gratis Nonton dari Bupati Toba

Plt BBPSDMP Kominfo Medan melalui Ketua Tim Penanggungjawab BBPSDMP Kominfo Medan, Amal Hasyim, dalam sambutannya menyampaikan bahwa terbatasnya akses pendidikan dan tantangan dalam memperoleh pendidikan berkualitas bisa dibantu melalui kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan informasi digital.

Oleh karena dirinya berharap para guru terus mengembangkan kemampuan literasi digital anak didik dan menjauhkan hoax

Dikatakannya pula bahwa dalam pelatihan kali ini melibatkan sebanyak 100 orang guru dan tenaga kependidikan sebagai peserta dan pelatihan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 09-11 Maret 2023 dan dipandu oleh para instruktur yang telah tersertifikasi.

“Harapannya kegiatan ini akan berjalan dengan baik dan seluruh peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian pelatihan hingga akhir,” ucap Amal.

BACA JUGA : Luhut Pandjaitan Larang Hotel Bintang Tiga Dibangun di Danau Toba, Ini Alasannya

Pada kesempatan yang sama, Bupati Toba, Ir. Poltak Sitorus dalam sambutannya menyampaikan bahwa pendidikan bisa dibuat mudah, tidak dibuat sulit bahkan bisa menyenangkan dan nyaman

“Pendidikan saat ini harus bisa menyenangkan apalagi sekarang teknologi sudah jauh berkembang dan tentunya lebih memudahkan dibandingkan dengan pendidikan jaman dulu yang bergantung pada buku yang disediakan,” ujarnya.

Metode pengajaran sambung Poltak, simpel dan mudah dimengerti juga perlu diperhatikan dan salah satu metode yang pastinya lebih mudah dipahami adalah dengan metode visual gambar ataupun grafik yang dapat langsung dilihat.

Namun tentunya dalam membuat itu diperlukan kemampuan digital yang harus dimiliki oleh guru dan tenaga pendidik.

“Saya minta hari ini melalui pelatihan ini kita sudah mempersiapkan diri untuk masuk ke dunia digital dan menggunakannya dengan lebih kreatif dan inovatif, jadilah cakap digital,” ucap Bupati Poltak Sitorus.

Turut mendampingi Bupati, Kadis Kominfo, Sesmon TB Butarbutar, Kadis Pendidikan, Rikardo Hutajulu dan Kabag Prokopim, Try Sutrisno P Samosir. (*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan