Kajianberita.com
Beranda Headline Sosok Surya Tjandra, Mantan Wamen yang mundur dari PSI untuk Dukung Anies

Sosok Surya Tjandra, Mantan Wamen yang mundur dari PSI untuk Dukung Anies

Surya Tjandra, mantan Wakil Menteri ATR/BPN yang mundur dari PSI untuk menjadi pendukung Anies Baswedan

Ingat dengan Surya Tjandra? Nama anak muda ini  sempat menjadi pembicaraan pubik tatkala Presiden Joko Widodo mengangkatnya sebagai Wakil Menteri (Wamen) Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) beberapa waktu lalu.  Pengangkatan itu tak lepas dari posisi Surya sebagai politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), salah satu partai pendukung Jokowi.

Kalau berbicara tentang PSI, semua pasti tahu kalau itu adalah partai yang sangat anti terhadap Anies Baswedan.  Ketuanya sekarang  Giring Ganesha yang mantan vokalis Nidji adalah sosok yang sangat tidak suka dengan Anies. Di matanya, Anies bak iblis yang harus disingkirkan. Di matanya Anies adalah  musuh besar yang tidak boleh menjadi pemimpin di negeri ini.

Walau gaya kepemimpinan Giring kerap diolok-olok nitizent karena sangat janggal dan unik, tapi ia tidak pernah peduli. Ia seakan merasa sebagai politisi yang hebat.

Gaya Giring ini yang membuat beberapa politisi senior di PSI merasa geli sehingga mereka kemudian memutuskan keluar dari partai itu.

Surya Tjandra termasuk salah satunya.  Ia tidak hanya keluar dari PSI, tapi bahkan berbalik menjadi pendukung Anies, karena selama duduk di Pemerintahan, Surya melihat gaya kepemimpinan Anies sangat bijaksana. Demi mendukung Anies, Surya rela melepaskan jabatannya sebagai Wakil Menteri.

Pada Pemilu mendatang, Surya bertekad akan berada pada kubu Anies, ikut mendukung kampanye mantan rector Paramadina itu merebut posisi presiden RI 2024-2029.

“Kalau dari calon yang muncul namanya sejauh ini yang udah ada, saya merasa memang beliau (Anies) yang paling cocok, yang bisa melakukan apa yang bisa dikerjakan dari pengalaman saya lihat selama jadi Wamen di Jakarta,” ujar Surya Tjandra saat dihubungi Kajianberita, Sabtu (11/3/2023).

Pernyataan Surya yang ngotot mendukung Anies awalnya sangat mengejutkan karena PSI selama ini selalu memposisikan diri berseberangan dengan kebijakan Anies di Ibu Kota.

Siapa Surya Tjandra?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencopot Surya dari posisinya sebagai Wamen ATR/BPN pada 15 Juni 2022 lalu. Dia digantikan oleh rekan separtai yang juga Sekretaris Dewan Pembina PSI, Raja Juli Antoni.

Halaman: 1 2 3
Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan