Kajianberita.com
Beranda Sumut Polda Sumut Tangkap Warga Tanjung Balai yang Menipu dengan Menggunakan Nama Baim Wong

Polda Sumut Tangkap Warga Tanjung Balai yang Menipu dengan Menggunakan Nama Baim Wong

Artis Baim Wong dan istrinya Paula

Artis Baim Wong mengucapkan terimakasih kepada Polda Sumut karena berhasil membangkar sosok yang selama ini telah merusak namanya.

Sosok yang dimaksud adalah Mulia Kantana (25) pemuda warga Tanjung balai yang telah menipu sejumlah korban dengan mengatasnamakan program give away dari Baim Wong.

“Ketangkakep juga,” kata Baim Wong di laman instagramnya

“Terimakasih Polda Sumut karena telah berhasil membongkar penipuan yang merusak nama baik saya. Kalau ada yang lain lagi, semoga tertangkap juga,” tambahnya.

Keberhasilan Polda Sumut membongkar kasus penipuan ini tidak lepas dari Kerjasama dengan Polda Metro Jaya. Baim Wong sendiri telah mengadukan masalah ini sejak dua bulan lalu.

“Sudah banyak yang menjadi korban. Bahkan teman saya di Singapura juga pernah menjadi korban sampai rugi Rp 140 juta,” ujanya sata mengadu ke Polda Desember lalu.

Tidak disangka, ternyata pelaku penipuan itu adalah seorang pemuda yang tinggal di Kota Tanjung Balai.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi membenarkan adanya penangkapan itu. tersangka ditangkap setelah tim cyber Polda Sumut menelusuri rekam jejak digital dan rekening yang digunakan pelaku.

Kombes Hadi Wahyudi mengatakan sebenarnya  peristiwa itu terjadi pada akhir Desember 2022 lalu. Awalnya ada beberapa  korban yang mengaku mendapat tawaran untuk mengikuti program giveaway Baim Wong melalui media sosial Facebook. Para korban ditawari hadiah sebesar Rp 20 juta.

Setelah mengetahui korban tertarik, pelaku lantas mengarahkan korban mengklik nomor WhatsApp. Ketika di klik, ternyata nomor yang dimaksud terhubung dengan nomor WhatsApp yang seolah-olah atas nama Baim Wong.

Selanjutnya, di sinilah pelaku mengaku bernama Baim Wong dan mulai mengadakan percakapan melaui chatting dengan para korban. Pelaku menawarkan hadiah give away, baik itu dalam bentuk uang kontan maupun sepeda motor.

Ucapan terimakasih Baim Wong kepada Polda Sumut

Namun untuk mendapatkan  hadiah itu, para korban diwajibkan mendaftar dengan menyerahkan mengirim uang dalam jumlah tertentu pula. sebesar Rp 150 juta. Polda Sumut memperkirakan para korban sudah menyerahkan uang sebesar Rp 150 juta ke rekening yang disebut pelaku.

Ternyata setelah uang dikirim, hadiah yang dijanjikan tidak pernah ada.  Hal ini yang membuat para peserta give away kecewa. Bahkan sampai ada yang mengadu ke Baim Wong  melalui jaringan media social. Mereka sempat menuduh Baim Wong penipu.

Kasus itu yangmembuat Baim Wong dan istrinya Paula terpaksa mengadu ke Polda Metro Jaya. Ada pula korban lain yang mengadu ke Polda Sumut karena ia tinggal di wilayah Sumatera Utara.

Tim Cyber Polri pun mulai melakukan pelacakan melalui para ahli teknologi informasi dan juga mengecek nomor rekening yang digunakan pelaku. Akhirnya terungkap rekening yang digunakan pelaku atas nama Alfi Fadli berada di Tanjung Balai. Hal ini sejalan pula dengan jaringan media social yang digunakan pelaku, semuanya mengarah ke Kota Tanjong balai.

Dari sinilah Polda Sumut memfokuskan pencarianya di Tanjung Balai hingga,  akhirnya berhasil didapatkan satu nama sebagai pelaku penipuan itu. Dia adalah  Mulia Kantana.

Tak pelak lagi, pemuda ini langsung ditangkap pada 17 Maret 2023 dan ditahan di Polda Sumut. Saat ini pemeriksaan intensif  masih terus dilakukan untuk mengungkap adanya jaringan lain di balik kasus penipuan itu.

Dengan terungkapnya kasus itu, pelaku terancam kurungan penjara di atas 5 tahun dan dijerat pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU). (Faz)

 

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan