Kajianberita.com
Beranda Sumut Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah Deli Serdang Putuskan Ramadhan Mulai 21 Maret

Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah Deli Serdang Putuskan Ramadhan Mulai 21 Maret

jamaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah Deli Serdang mulai Ramadhan 10 Maret

Perbedaan jadwal Ramadha merupakan hal biasa dalam Islam. Setiap tahun biasanya selalu ada kelompok yang memulai jadwal Ramadhannya berbeda dengan kelompok lain. Tahun ini perbedaan mencolok ditunjukkan jamaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) yang mengumumkan kalau jadwal Ramadhan mereka lebih cepat dari yang lain.

Jamaah kelompok ini akan  melaksanakan puasa Ramadan pada 21 Maret 2023.  Artinya, Senin malam (20/3/2023) mereka melaksanakan salat Tarawih.

“Iya 1 Ramadan ditetapkan besok, 23 Maret 2023. Malam ini mulai Tarawih,” kata Ketua Badan Pemakmuran Rumah Suluk Naqsabandiyah, Syekh Muda Markum, Senin (20/3/2023).

“Kita di rumah suluk yang ada di Sumatera dan luar Sumatera juga sudah melaksanakan Tarawih malam ini,” sambungnya.

Keputusan itu diambil sesuai dengan arahan Tuan Guru di Tarekat Naqsabandiyah. Untuk pelaksanaan salat Tarawih, kata Markum, akan berpusat di Rumah Persulukan Naqsabandiyah di Deli Serdang.

“Ada beberapa titik juga yang tersebar di sejumlah daerah. Jadi dimana aja bisa salat, yang terdekat,” sebutnya.

Berbeda dengan Naqsabandiyah, Muhammadiyah memulai 1 Ramadan pada 23 Maret 2023. Sementara untuk pemerintah sendiri belum memutuskan, dan akan melakukan Sidang Isbat untuk menentukan 1 Ramadan. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan