Kajianberita.com
Beranda Sumut Prakiraan Cuaca di Sumut, BMKG: Waspada Hujan Lokal dengan Intensitas Ringan hingga Sedang

Prakiraan Cuaca di Sumut, BMKG: Waspada Hujan Lokal dengan Intensitas Ringan hingga Sedang

Hujan dengan intensitas tinggi di Medan berpotensi menyebabkan genangan air

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara (Sumut) yang berpotensi terjadi hujan lokal disertai angin kencang. Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Defri Mandoza mengatakan beberapa wilayah di Sumatera Utara diprediksi akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang disertai guntur dan angin kencang.

“Waspada perubahan cuaca signifikan secara tiba-tiba yaitu hujan lokal dengan intensitas ringan-sedang yang berpotensi diiringi guntur dan angin kencang,” kata Defri Mandoza.

Dia menjelaskan secara umum dalam dua hari ke depan pada siang dan sore hari berpeluang hujan ringan yang terjadi di beberapa wilayah, seperti Kepulauan Nias, Langkat, Binjai, Kota Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Batubara dan Asahan.

Potensi hujan ringan itu juga diprediksi akan terjadi di Dairi, Pakpak Barat, Samosir, Toba, Simalungun, Mandailing Natal (Madina), Sibolga, Humbahas, Padang Lawas, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara, dan Tapanuli Tengah.

Sedangkan beranjak malam hari, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang akan terjadi di wilayah Kepulauan Nias, Pakpak Bharat, Humbahas, Tapanuli Utara, Padang Lawas, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Langkat, Karo, Dairi, Toba, Samosir, Mandailing Natal, Simalungun, Padang Lawas, dan Padang Lawas Utara.

Defri mengatakan suhu udara diprakirakan berada pada 16 sampai 33 derajat Celsius dan kelembapan udara 60-98 persen. Sementara, lanjutnya, angin diprediksi akan berembus dari Timur Laut – Tenggara dengan kecepatan 10-30 kilometer per jam.(ant)

 

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan