Kajianberita.com
Beranda Headline Hilal Tampak di Sejumlah Wilayah, Jadwal Puasa Versi Pemerintah sama dengan Muhammadiyah

Hilal Tampak di Sejumlah Wilayah, Jadwal Puasa Versi Pemerintah sama dengan Muhammadiyah

Hasil Sidang Isbat Kementerian Agama RI (Kemenag RI) pada Rabu 22 Maret 2023 menetapkan bahwa puasa Ramadan 1444 Hijriah, diawali pada Kamis 23 Maret. Beberapa titik pemantauan di sejumlah daerah di Indonesia, mengatakan bahwa hilal sudah terlihat. Salah satunya di wilayah Sumatera Utara

Titik pemantauan di DKI Jakarta pun menyebutkan bahwa hilal sudah terlihat. Seperti titik pemantauan di Pesantren Husiniah, Cakung, Jakarta Timur.

Kemenag RI menetapkan 124 titik pemantauan rukyatul hilal. Menurut Dirjen Binmas Islam Kemenag RI, Kamaruddin Amin, rukyatul hilal dilakukan bekerja sama dengan Ormas Islam dan instansi-instansi lain di wilayah yang ditunjuk sebagai titik pemantauan hilal.

“Hasil rukyatul hilal yang dilakukan ini selanjutnya dilaporkan sebagai bahan pertimbangan Sidang Isbat awal Ramadan 1444 Hijriah,” kata Kamaruddin.

Pengumuman resmi hasil Sidang Isbat awal Ramadan 1444 Hijriah, dijadwalkan pada pukul 19.05 WIB.

“Di beberapa titik pemantauan, dilaporkan beberapa orang sudah melihat hilal. Hasil Sidang Isbat menetapkan bahwa awal Ramadan 1444 Hijriah jatuh pada hari Kamis 23 Maret 2023,” kata Menteri Agama, Yaqut Cholis Qoumas, Rabu 22 Maret 2023. (ant)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan