Kajianberita.com
Beranda Headline Survei Magna Charta Politika Nyatakan Duet Anis- AHY Unggul Dibanding Pasangan lainnya

Survei Magna Charta Politika Nyatakan Duet Anis- AHY Unggul Dibanding Pasangan lainnya

Sambutan hangat Anies Baswedan saat AHY datang bersilaturrahmi ke rumahnya di Lebak Bulus

Pertemuan silaturahmi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Bakal calon presiden (Bacapres) yang diusung oleh Koalisi Perubahan Anies Rasyid Baswedan bukan hanya berlangsung  berlangsung sekali saja. Tapi telah berkali-kali. Terakhir keduanya bertemu di Pendopo rumah Anies Baswedan, Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada Selasa, 21 Maret 2023.

Berbagai spekulasi langsung muncul tentang pertemuan itu. Ada yang mengatakan kalau pertemuan itu pertanda kalau AHY adalah bakal calon wakil presiden yang telah ditentukan Anies. Hanya saja Anies masih mencari waktu yang tepat untuk mendeklarasikannya.

Indikasi itu terlihat dari keakbraban yang diperlihatkan keduanya. Anies dan AHY sempat berbicara empat mata sebelum masing-masing tim pendamping mereka ikut nimbrung di pertemuan itu.

Kedatangan AHY begitu disambut hangat oleh Anies Baswedan. Mereka terlihat semakin erat dan solid. Kemudian, AHY mengatakan kalau pertemuan tersebut mendiskusikan mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan kemajuan bangsa dan negara.

AHY dan Anies Baswedan memposting foto-foto momentum kunjungannya ke Pendopo di Jalan Lebak Bulus Dalam II No. 42, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa, 21 Maret 2023.

Dalam lawatannya ini, warganet yang melihat unggahan foto tersebut berharap AHY dan Anies Baswedan menjadi Cawapres dan Capres 2024-2029.

“Memang udah cocok sekali ini jadi pasangan pemimpin kita,” tulis okle.suplawan seperti dikutip KBA News di Instagram @aniesbaswedan, Rabu, 22 Maret 2023.

“Saya berharap Pak Anies dan Pak AHY terpilih sebagai presiden ke depannya untuk negara Indonesia, salam kenal saya dari Aceh putra veteran pak (LVRI), tegakkan keadilan pak, merdeka. Komando,” ujar Junicendikiawan.

“Duo Jagoanku di pilpres nnt insya allah apa yg di cita-cita kan dan usaha serta doa-doa Allah menijabah semua aamiin ya robbal aalamiin,” imbuh mizyansholeh.

Kemudian ada juga warganet yang menebak kalau pertemuan mereka dibilang kode bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta memilih AHY sebagai calon wakil presidennya.

“Ini tanda-tanda, makanya sering ketemu semoga terwujud (emoticon bakar),” kata maguss08.

Berbagai survei pun muncul untuk mengukur tingkat elektabilitas Anies dan AHY di ruang public. Salah satunya survei terbaru dari  Lembaga survei Magna Charta Politika yang dirilis Jumat, 17 Maret 2023.

Hasil survei itu menyebutkan kalau seandainya Anies Baswedan berpasangan dengan AHY, maka pasanghan ini akan unggul dari tiga pasang lainnya.

Dalam simulasi itu ada empat pasangan calon, dimana pasangan Anies-AHY meraih elektabilitas tertinggi dengan perolehan 31,4 persen, diikuti pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir sebesar 19,7 persen, pasangan Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar sebesar 15,9 persen dan pasangan Puan Maharani-Andika Perkasa sebesar 11,7 persen.

Kemudian dalam simulasi tiga pasangan, pasangan Anies-AHY masih unggul dibandingkan dengan pasangan lainnya dengan elektabilitas sebesar 37,8 persen, diikuti oleh pasangan Prabowo Subianto-Puan sebesar 24,7 persen dan pasangan Ganjar-Erick sebesar 15,3 persen. Yang belum menentukan pilihan sebesar 22,2 persen.

Sedangkan pada simulasi dua pasangan calon, pasangan Anies-AHY dengan perolehan elektabilitas sebesar 40,9 persen dibandingkan dengan 30,2 persen yang didapat oleh pasangan Prabowo-Puan. Sementara itu, yang belum menentukan pilihan sebesar 28,9 persen. (kba/faz)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan