Kajianberita.com
Beranda Headline BEM UI Terbitkan Karikatur Puan Berbadan Tikus Tanpa Disetir Siapapun, Murni karena Marah!

BEM UI Terbitkan Karikatur Puan Berbadan Tikus Tanpa Disetir Siapapun, Murni karena Marah!

Ketua BEM UI Melki Sedek Huang saat memimpin aksi di DPR RI

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) membuat meme kritik yang ditujukan kepada Ketua DPR RI Puan Maharani. Hal itu dilakukan usai DPR mengesahkan UU Cipta Kerja yang dinilai merugikan banyak pihak.

Ketua BEM UI, Melki Sedek Huang mengatakan penerbitan karikatur  Puan Maharani berbadan tikus murni sebagai bentuk protes dari  mahasiswa UI karena Puan begitu getol mendukung pengesahan Perppu Cipta Kerja.

“Ini adalah bentuk kemarahan kami. Penerbitan karikatur ini tanpa disetir siapapun. Ide ini murni dari kami,” kata Melki.

Dalam video yang beredar di berbagai akun media sosial BEM UI, terlihat animasi Gedung DPR RI terbelah menjadi dua. Muncul dua tikus raksasa dari reruntuhan bangunan tersebut, tak berselang lama muncul sosok Puan Maharani, namun berbadan tikus.

Terdapat narasi yang bertuliskan ‘Kami tidak butuh Dewan Perampok Rakyat’ dalam video tersebut. Di akhir video terdapat animasi potongan UU Ciptaker yang dibakar.

Pengesahan Perppu Cipta Kerja menjadi Undang-Undang oleh DPR dinilai BEM UI hanya memperlihatkan kebobrokan lembaga legislative tersebut. Pasalnya, Mahkamah Konstitusi menilai UU Cipta Kerja inkonstitusional karena terdapat kecacatan, baik secara formal maupun material.

Tidak hadirnya publik saat perancangan UU Cipta Kerja tersebut dinilai mengancam hak-hak rakyat dan para pekerja. Oleh karena itu BEM UI menilai dewan yang saat ini duduk di DPR tak mencerminkan perwakilan, namun justru penindas rakyat, hingga kaum buruh.

“Bagaikan tikus dengan watak licik yang melancarkan berbagai upaya oligarki, semakin terlihat bahwa DPR benar-benar tidak memihak pada rakyat. Sudah tidak ada alasan lagi untuk kita percaya kepada wakil kita. Saatnya untuk melawan! Kami butuh DPR sebagai perwakilan rakyat, bukan sebagai perampok rakyatnya sendiri!” ujar cuitan BEM UI.

Unggahan BEM UI yang tergolong berani tersebut langsung mendapat dukungan dari masyarakat. Dukungan mengalir di berbagai akun media sosial BEM UI termasuk Instagram hingga Twitter.

“Woii. BEM UI keren bangetttt,” ujar komentar di Instagram

“Terimakasih @BEMUI_Official,meskipun saya sudah bukan mahasiswa tapi kita satu suara… Kami siap turun kejalan seperti demo UU ciptakerja dan omnibuslaw waktu itu,” kata warganet di Twitter.

BEM UI bukan kali ini saja membuat meme kritik terhadap Puan Maharani. Sebelumnya, BEM UI juga pernah membuat meme kritik Puan dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebutkan bahwa Demokrasi Dikebiri

Dalam kritik tersebut terlihat foto Puan Maharani dan Jokowi. Pada video yang beredar, terdengar narasi ‘aku suka uang’ yang dikatakan oleh Mr. Crab dalam animasi Spongebob Squarepants.

Keberanian mahasiswa di BEM UI ini pun sempat membuat warganet khawatir, hingga berharap para mahasiswa baik-baik saja. Selain itu, muncul pula meme seorang pedagang bakso yang membawa HT dan berjaga.

Unggahan BEM UI ini pun viral di media sosial, dan kini tengah jadi pembicaraan public baik di Twitter, Instagram maupun TikTok.  (faz/pr)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan