Kajianberita.com
Beranda Headline Gegara Penolakan Keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20, Tuan Rumah Bisa Dipindahkan ke Qatar

Gegara Penolakan Keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20, Tuan Rumah Bisa Dipindahkan ke Qatar

Tim Nasional Israel yang akan bermain di Indonesia pada Piala Dunia U-20 pada Mei dan Juni 2023

Qatar berpotensi menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 menggantikan Indonesia setelah timnas Israel U-20 mendapatkan penolakan. Tanda-tanda ke arah itu sangat besar setelah FIFA membatalkan drawing Piala Dunia yang harusnya dilaksanakan di Bali akhir bulan ini.

Sejumlah pihak menolak kedatangan Israel ke Indonesia. Penolakan tidak saja datang dari suporter maupun organisasi, tetapi juga dari Gubernur Bali I Wayan Koster yang tidak ingin Israel hadir di Bali.

Sementara itu Panitia Pelaksana Piala Dunia U-20 2023 menetapkan Bali sebagai lokasi drawing turnamen pada Jumat (31/3). Akibat penolakan dari pemerintah daerah, FIFA membatalkan drawing Piala Dunia U-20 2023.

Pembatalan drawing Piala Dunia U-20 memunculkan isu bakal berbuntut panjang, salah satunya sanksi yang bisa dijatuhkan FIFA kepada Indonesia.

Hukuman yang bisa didapat Indonesia tidak saja kehilangan status sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, tetapi juga posisi sebagai anggota FIFA.

Terkait dengan status tuan rumah, Qatar disebut sebagai negara yang lebih layak menggantikan Indonesia. Pasalnya negara Arab tersebut berpengalaman menggelar Piala Dunia Qatar 2022 pada November-Desember lalu.

Dengan event yang baru selesai empat bulan lalu, Qatar diprediksi lebih siap menggelar Piala Dunia U-20 2023. Jika Qatar diberikan ‘kelonggaran’ menjadi tuan rumah, Indonesia dipastikan merugi. Pasalnya dengan tidak menjadi tuan rumah Indonesia akan gagal tampil di Piala Dunia U-20.

Saat ini total 24 peserta Piala Dunia U-20 2023 komplet, termasuk Indonesia sebagai tuan rumah. Jika Qatar jadi tuan rumah, posisi Indonesia kemungkinan besar akan digantikan Qatar.

Qatar sendiri diyakini tidak bermasalah dengan kehadiran timnas Israel U-20. Sebagai contoh, pada Piala Dunia U-20 2022, Qatar menerima jurnalis Israel meliput turnamen empat tahunan tersebut.

Selain Qatar isu lain menyebutkan Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) akan mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 menggusur Indonesia.

Timnas Argentina U-20 gagal lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2023 setelah tumbang di Copa America U-20 2022. (cnn)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan