Kajianberita.com
Beranda Headline Abdillah Mundur dari Pencalonan Anggota DPD Sumut, Ini Daftar 23 Bakal Calon DPD yang Bersaing

Abdillah Mundur dari Pencalonan Anggota DPD Sumut, Ini Daftar 23 Bakal Calon DPD yang Bersaing

Mantan Walikota Medan Abdillah mundur dari pencalonan anggota DPD Sumut

Kejutan terjadi dalam persaingan merebut empat kursi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Sumatera Utara setelah mantan Wali Kota Medan Abdillah menyatakan mengundurkan diri dari kontestasi pencalonan. Hal ini cukup mengherankan, sebab Abdillah sebenarnya sudah memenuhi syarat secara administrasi dukungan.

Koordinator Divisi Teknis KPU Sumut Batara Manurung, menjelaskan hasil rekapitulasi di tingkat provinsi tanggal 24 Maret lalu, dari 21 bakal calon DPD yang diberi kesempatan melakukan perbaikan, hanya 20 yang melakukan perbaikan administrasi.

“Kan ada lima (bakal calon) yang sudah memenuhi syarat, (sedangkan) ada 21 yang melakukan perbaikan, (namun ada) satu tidak melakukan perbaikan, (sehingga hanya) 20 melakukan perbaikan,” kata Batara kepada detikSumut, Senin (27/03/2023).

Selanjutnya dari 20 yang melakukan perbaikan, hanya 18 yang dinyatakan memenuhi syarat secara administrasi dukungan. Dari 18 yang memenuhi syarat, hanya 17 yang diambil sampel untuk kemudian dilakukan verifikasi faktual kedua, karena satu mengundurkan diri.

Ternyata sosok yang mengundurkan diri itu adalah Wali Kota Medan ke-14, Abdillah. Sehingga Abdillah tidak lagi dilakukan verifikasi faktual karena mengundurkan diri.

“Satu (bacalon) tidak mengambil sampel karena mengundurkan diri yaitu namanya Abdillah. dia (Abdillah) tidak lanjut ke verifikasi faktual mereka menyatakan mengundurkan diri,” ungkapnya.

Ketika ditanya, Batara mengaku pihak Abdillah tidak memberikan alasan terkait pengunduran dirinya. Dia meminta untuk langsung menghubungi pihak Abdillah terkait hal itu.

“Tidak diketahui alasannya, yang dia sampaikan hanya mengundurkan diri,” ujarnya.

Untuk diketahui, sudah terdapat 5 bakal calon yang lulus verifikasi faktual. Sisanya, 17 orang sedang melakukan verifikasi faktual mulai 26 Maret 2023 dan hasil lanjutan akan diumumkan para 8 April 2023.

Berikut lima Bacalon DPD yang Memenuhi Syarat:

  1. Faisal Amri
  2. Dedi Iskandar Batubara
  3. Muhammad Nuh
  4. Badikenita Sitepu
  5. Sabam Parulian Parsaoran Manalu

Daftar 17 Bacalon DPD yang akan Diverifikasi Faktual Kedua:

  1. Abdon Nababan
  2. Albiner Sitompul
  3. Andi Junianto Barus
  4. Bahrul Ulum Harahap
  5. Darwis H. Harahap
  6. Emsah Perangin-angin
  7. Ikhwaluddin Simatupang
  8. Iskandar Sembiring
  9. Joko Susilo
  10. Firman Syah
  11. Parlindungan Purba
  12. Parulian Siregar
  13. Penrad Siagian
  14. Rafdinal
  15. Rosdiana
  16. Samulya Surya Indra
  17. Sukadi

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan