Kajianberita.com
Beranda Headline Pemikiran Jokowi dan Edy Rahmayadi soal Timnas Israel di Piala Dunia U-20 Sejalan: Jangan Kaitkan Politik dan Olahraga

Pemikiran Jokowi dan Edy Rahmayadi soal Timnas Israel di Piala Dunia U-20 Sejalan: Jangan Kaitkan Politik dan Olahraga

Presiden Joko Widodo berharap jangan dikaitkan antara sepakbola dan politik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah Indonesia tidak bisa memprediksi siapa peserta Piala Dunia U-20 2023 saat ditunjuk sebagai tuan rumah. Jokowi akhirnya mengeluarkan pernyataan terkait polemik kehadiran Israel sebagai peserta Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Lewat pernyataan tersebut Jokowi mengatakan pemerintah Indonesia sudah bekerja keras untuk bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

“Dalam kesempatan ini juga saya menyampaikan bahwa Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20 melalui proses bidding, melalui seleksi panjang dan pada proses akhir ada tiga negara yaitu Indonesia, Brasil, Peru,” ujar Jokowi dalam pernyataan resmi.

“Saat itu semua pihak berjuang keras bersama-sama agar Indonesia bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 dan akhirnya bulan Oktober 2019 Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 oleh FIFA,” sambung Jokowi.

Dalam perjalanan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, Indonesia dalam posisi sulit menyusul lolosnya Israel. Sejumlah pihak menolak kehadiran timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023 hingga belakangan muncul rumor Indonesia akan dicoret sebagai tuan rumah oleh FIFA.

“Ini merupakan kehormatan bagi bangsa Indonesia karena kita mendapat kepercayaan penyelenggaraan Piala Dunia U-20, ” ucap Jokowi. Untuk itu Jokowi berharap, seharusnya event olahraga itu jangan dikaitkan dengan politik. Apalagi sampai menolak kehadiran tim israel di ajang piala dunia itu.

Pernyataan Jokowi ini sejalan dengan pemikiran yang disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi sebelumnya yang berharap agar public Indonesia menerima kehadiran tim Israel untuk bermain di Pilala Dunia 2023 di Indonesia.

“Kalau pun setan punya tim dan lolos kualifikasi, tetap kita hormati,” kata Edy sebagai kiasan untuk menggambarkan dukungan bagi Indonesia sebagai tuan rumah.

Namun kenyatannnya, penolakan terhadap tim nasional Israel terus menguat.  Sampai akhirnya  drawing Piala Dunia U-20 2023 yang semula dijadwalkan di Bali, 31 Maret mendatang, terpaksa dibatalkan FIFA.

Penolakan Bali atas timnas Israel U-20 pada ajang Paila Dunia U-20 2023 menjadi penyebab FIFA membatalkan drawing. Akibatnya FIFA memikirkan rencana untuk memindahkan tuan rumah Piala Dunia ke negara lain. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan