Kajianberita.com
Beranda Sumut Kabupaten Toba Siapkan Arena F1 Powerboat sebagai Lokasi Ajang Ski Air pada PON 2024

Kabupaten Toba Siapkan Arena F1 Powerboat sebagai Lokasi Ajang Ski Air pada PON 2024

ketua PB Persatuan Ski Air dan Wakeboard Indonesia serta Bupati Toba saat conference press terkait pelaksanaan kualifikasi Ski Air PON 2024 pada Rabu (29/3/2023)

Ada delapan kabupaten/kota di Sumut yang telah dinyatakan sebagai lokasi pelaksanakan PON 2024 yang berlangsung September mendatang. Salah satunya adalah Kabupaten Toba yang akan menjadi tuan rumah untuk kegiatan Ski Air.

Mendapat kabar itu, Pemerintah Kabupaten Toba langsung mempersiapkan diri sejak diri. Bupati Toba menegaskan kalau daerahnya sangat siap menjadi tuan rumah untuk lomba Ski Air pada PON nanti.

“Kita sangat siap, sebab arenanya sudah ada dan sangat layak untuk ajang PON nanti,” kata  Poltak Sitorus dalam press conference yang berlangsung di Venue Bontean Balige, Rabu 29 Maret 2023.

Sebagai langkah awal menuju PON tersebut, Pengurus Besar Persatuan Ski Air dan Wakeboard Indonesia (PB PSAWI) akan menggelar Babak Kualifikasi PON XXI Sumut-Aceh Cabang Olahraga Ski Air yang pelaksanaannya juga di  Kabupaten Toba pada 27 Juni-04Juli 2023 mendatang.

Ajang kualifikasi itu adalah rangkaian untuk menentukan tim mana saja yang layak bertarung pada PON nanti. Kualifikasi akan dihadiri sejumlah atlit dari berbagai daerah di Indonesia.

Pemerintah Kabupaten Toba bekerjasama dengan Dinas Pemuda Olahraga Sumatera Utara, KONI, dan Persatuan Ski Air dan Wakeboard Indonesia akan saling bekerjasama untuk mensukseskan kualifikasi itu.

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Ski Air dan Wakeboard Indonesia (PB PSAWI), Danny Boestami dan jajaran pengurus daerah PSAWI Sumut menilai kabupaten Toba sangat layak sebagai tuan rumah untuk ajang kualifikasi dan juga ajang final untuk Ski Air pada PON nanti.

Dalam hal kesiapan, Bupati Poltak Sitorus bersyukur sebab Toba telah miliki Venue Bontean Balige yang sebelumnya telah dipakai untuk event internasional F1Powerboat. Venue itu nantinya akan juga digunakan untuk kualifikasi Ski Air. Saat puncaknya di PON nanti,  Venue Bontean Balige juga siap dipakai sebagai lokasi Ski Air.

Sementara itu, Danny Boestami selaku Ketua Umum PB PSAWI menyampaikan kekagumannya terhadap lokasi untuk ajang Ski Air yang dimiliki Kabupaten Toba. Ia yakin, lokasi itu akan membuat peserta semakin tergoda untuk bersaing.

Untuk ski air sendiri, Ketum PB PSAWI mengatakan baru tahun ini dipertandingkan.

“tentu saja ini akan membuat antusiasme masyarakat dan penikmat olahraga air semakin meningkat,” kata  Danny.

Ia mengakui, untuk ajang ski air memang membutuhkan kondisi air yang tenang seperti F1H20. Danny percaya, lokasi yang ada di Toba sangat membantu panitia untuk dapat menyelanggarakan kegiatan itu lebih sukses.

Selain dihadiri Bupati Toba dan Ketua Umum PB PSAWI konferensi  pers yang menyatakan kesiapan Toba sebagai tuan rumah Ski Air juga dihadiri Wakil Sekjen PB PSAWI Ian Kadir, Ketua PSAWI Sumut Al Husaini  Sekjen PSAWI Sumut Emir Reza. Bendahara PSAWI Sumut, M. Maksum.

Sedangkan Bupati Toba tampak didampingi  Asisten Bidang Perekonomian Jonni DP Lubis, Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga Rikardo Hutajulu, Kadis Pariwisata Rusti Hutapea, Camat Balige Pantun Josua Pardede dan para pejabat lainnya. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan