Kajianberita.com
Beranda Headline Penyebab Batalnya Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Salah Satunya Karena Penolakan PDIP

Penyebab Batalnya Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Salah Satunya Karena Penolakan PDIP

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menilai elektabilitas para politisi dan partai politik (parpol) yang menolak Timnas Israel akan terdampak imbas pembatalan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Masyarakat khususnya pecinta sepak bola Tanah Air sudah menandai para politisi dan parpol yang dianggap memiliki andil batalnya ajang tersebut di Indonesia.

“Pasti akan berdampak, akan ditandai sama pecinta olahraga. Partai mana, tokoh mana itu sudah ada tandanya masing-masing,” kata Jazilul di Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (30/3).

Menurut Jazilul, para pecinta bola pasti akan mencari tahu akar masalah dari gagalnya Indonesia menjadi tuan rumah. Mereka juga bakal mencatat nama-nama tokoh dan parpol yang punya andil dalam pencabutan status ini.

“Siapa yang punya andil itu dicatat, tetapi bagi yang menolak (Timnas Israel) memiliki andil yang salah. Baik itu gubernur atau parpol,” ujar Jazilul.

“Mereka yang mengatakan menolak, apakah itu institusi apakah itu personal, apakah itu gubernur, bupati. Kalau itu menolak, mengambil andil mengagalkan Indonesia masuk ke Piala Dunia,” tuturnya.

Jazilul yakin PKB tak akan terkena dampaknya. Meski begitu, pihaknya menyayangkan perhelatan tersebut tak jadi diselenggarakan.

“Ya PKB pasti enggak ikut di situ. PKB ini selama ini memiliki concern agar olahraga Indonesia maju. Sebenarnya piala dunia ini momen di mana pemain Indonesia bisa tampil di ajang dunia. Tapi sayangnya ada banyak hal mengakibatkan (kegagalan), padahal Indonesia sudah ditunjuk,” ungkapnya.

Jazilul tidak menyebut langsung partai dan politisi yang dimaksud. Tapi semua orang Indonesia pasti tahu bahwa partai yang paling kera menolak Israel ikut piala dunia U-20 yang berlangsung di Indonesia adalah PDIP. Dua Gubernurnya, yakni Ganjar Pranowo dan I Wayan Koster adalah corong yang mereka gunakan.

Partai lain, seperti PKS juga turut menolak, tapi PKS bukanlah partai berkuasa. Mereka hanya partai oposisi yang suaranya tidak banyak memberi pengaruh bagi  FIFA. Namun ketika PDIP sebagai partai berkuasa ikut berbicara, maka sudah semestinya kalau partai berlambang benteng ini yang dipastikan sebagai biang pembatalan Piala Dunia itu.

Pembatalan itu sangat mengejutkan banyak orang. Sebab   setelah perjuangan empat tahun menjadi tuan rumah, Piala Dunia U-20 2023 batal digelar di Indonesia setelah FIFA memutuskan untuk mencoret Indonesia. Penolakan terhadap timnas Israel membuat kerja keras menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 menjadi sia-sia. (faz)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan