Kajianberita.com
Beranda Headline Sport Center Sumut Bakal Menjadi salah satu Sarana Olahraga Termegah di Indonesia

Sport Center Sumut Bakal Menjadi salah satu Sarana Olahraga Termegah di Indonesia

Maket rencana pembangunan sport center Sumut

Proyek fisik  pembangunan sarana sport center Sumut yang berlokasi di  Desa Desa, Batang Kuis, Deli Serdang sudah dimulai. Tercatat dua kali sudah Gubernur Edy Rahmayadi melakukan ground breaking pembangunan sarana olahraga di area itu.

Pertama adalah untuk pembangunan gerbang area yang berlangsung pada  14 Agustus 2020. Setelah itu menyusul peletakan batu pertama pembangunan stadium madya atletik dan Gedung martial arts  arena yang berlangsung Jumat (31/3/2024).

Stadion Madya Atletik yang dibangun memiliki kapasitas 2.500 tempat duduk, sedangkan GOR Martial Art yang dibangun memiliki kapasitas 4.000 penonton.

Stadoun atletik menjadi arena untuk berbagai pertandingan cabang olahraga atletik, seperti lari, lombat dan lempar. Sedangkan GOR Martial Art nantinya digunakan untuk pertandingan empat cabang olahraga bela diri.

Peletakan batu pertama itu merupakan langkah nyata Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang bertindak sebagai tuan rumah pada PON ke-21  yang berlangsung mulai September hingga awal Oktober 2024.  Setelah peletakan batu pertama itu, akan menyusul pengerjaan fisik proyek lainnya.

“Pokoknya tidak ada lagi jeda. Setelah peletakan batu pertama hari ini, pembangunan akan langsung dikerjakan. Ini merupakan pembangunan baru dan kita targetkan selesai sebelum pelaksanaan PON 2024,” ujar Gubernur Edy Rahmayadi.

Dalam waktu dekat, pembanguna sarana lainnya juga akan dilakukan, antara lain pembangunan stadium utama yang berlokasi persis di tengah lahan seluas 300 hektar yang ada di lokasi itu.

Selanjutnya ada pula Gedung indoor untuk badminton, Gedung indoor untuk Hockey, stadium aquatic untuk berbagai cabang olahraga renang, arena softball, indoor untuk bola voli, lapangan baseball, rumah sakit, penginapan atlit dan berbagai venue outdoor lainnya.

Diproteksikan sarana sport center Sumut yang diberinama Deli Sport City itu akan menjadi fasilitas olahraga yang cukup megah. Total  biaya pembangunan sarana sport center itu mencapai Rp 8,6 triliun yang didanai dari APBN, APBD Sumut dan dukungan investor.

Khusus dari APBD Sumut, Gubernur Edy Rahmayadi menegaskan ada sekitar Rp 2 triliun lebih yang dialokasikan per tahun hingga tuntasnya sebelum kegiatan PON 2024 dilangsungkan.

Yang terbesar adalah biaya untuk pembangunan stadion sepakbola bertaraf internasional yang berada di tengah lahan itu. Total biaya untuk stadium sepakbola itu membutuhkan dana hingga Rp 1,8 triliun. Demikian juga rumah sakit bertaraf internasional yang akan dibangun di samping stadium sepakbola. Biaya pembanguna rumah sakit  menelan dana sekitar Rp 1,8 triliun dengan kapasitas 5.000 bed.

Dengan semua fasilitas yang dimilikinya,  Sport Center itu diharapkan bisa menjadi ikon baru Sumut.  Apalagi di area itu juga akan dibangun arana pendukung lain, termasuk pusat kegiatan ekonomi untuk menggairahkan perekonomian masyarakat local.

Selain sarana olahraga, rumah sakit serta pusat kegiatan bisnis, di kawasan itu akan dibangun pula taman botani khas Sumut, taman rekreasi, sekolah pendidikan keolahragaan dan lainnya. Nantinya sarana dan fasilitas itu dapat mendukung pembinaan atlet-atlet Sumut di masa depan. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan