Kajianberita.com
Beranda Nasional Rafael Ulun Resmi Ditahan KPK dalam Kasus Gratifikasi

Rafael Ulun Resmi Ditahan KPK dalam Kasus Gratifikasi

Rafael Ulun Trisambodo memasuki ruang tahanan KPK hari ini Senin 3 April 2023

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan eks pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo. Ketua KPK, Firli Bahuri mengatakan, Rafael Alun Trisambodo akan ditahan selama 20 hari pertama terhitung sejak 3 hingga 22 April 2023.

“Untuk kepentingan penyidikan RAT (Rafael Alun Trisambodo) ditahan selama 20 hari pertama sejak 3 April hingga 22 April 2023,” kata Firli dalam konferensi pers di KPK, Senin (3/4/2023).

Menurut Firli, penahanan dilakukan untuk keperluan penyidikan. Nantinya, Rafael akan mendekam di rumah tahanan (Rutan) KPK pada gedung Merah Putih. KPK menduga Rafael Alun Trisambodo menerima gratifikasi senilai puluhan rupiah.

Setelah mengantongi bukti permulaan yang cukup, KPK menetapkan Rafael Alun Trisambodo sebagai tersangka. Gratifikasi itu diduga diterima terkait posisinya sebagai penyidik atau pemeriksa pajak.

Selain itu, gratifikasi yang diterima Rafael diduga mencapai puluhan miliar rupiah. Jumlah itu mengacu pada isi safe deposit box (SDB) yang diblokir Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Safe deposit box berisi Rp 37 miliar itu telah disita KPK.

Sejauh ini, penyidik telah melakukan penggeledahan di Perumahan Simprug Golf, Jakarta Selatan, pada Senin (27/3/2023). Dari upaya paksa itu, tim penyidik mengamankan 70 tas mewah milik istri Rafael Alun Trisambodo, sepeda Brompton, perhiasan, dan uang tunai Rp 40 juta.

Kemudian, penyidik juga mengamankan sejumlah dokumen mulai dari laporan pendapatan kos-kosan yang diterima istrinya hingga bukti penerimaan aset.

Kasus Rafael Ulun mencuat setelah anaknya Mario menganiaya David, 17 tahun, anak seorang pengurus Gerakan Pemuda  Ansor beberapa waktu lalu. Mario memang dikenal sebagai anak yang suka pamer Kekayaan.

Dari kasus penganiayaan itu, akhirnya terbongkar pula harta kekayaan ayah Mario, Rafael yang ternyata sangat mengejutkan. Setelah diusut akhirnya diyakini bahwa sumber kekayaan Rafael diperoleh dari jalan yang tidak benar. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan