Kajianberita.com
Beranda Headline Viral Video Emak-Emak di Laguboti, Toba, Masuk Liang Lahat Halangi Pemakaman Janazah

Viral Video Emak-Emak di Laguboti, Toba, Masuk Liang Lahat Halangi Pemakaman Janazah

Seorang warga memprotes pemakaman jenazah yang diklaim di atas lahan milik mereka di Laguboti, Toba.

Video emak-emak masuk liang lahad dan menghalangi proses pemakaman keluarganya viral di media sosial. Peristiwa terjadi di Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Kamis (30/3/2023).

Dalam video tampak suasana di tempat itu ramai. Saat jenazah ingin dikuburkan tiba-tiba dua orang emak-emak masuk ke dalam liang lahad, salah satu di antara emak-emak itu membawa spanduk bertuliskan.

“Tanah ini milik Hermanus Manis Hutahaean sesuai putusan pengadilan No.122/Pdt-G/1981/PN.BlgLuas 10.500 meter kubik,” tulis spanduk yang dibawa wanita itu.

Ksi Humas Polres Toba Iptu Bungaran Samosir membenarkan kejadian itu. Kata dia persoalan ini dipicu sengketa tanah antara pihak keluarga.

“Persoalannya masalah tanah. Mereka yang bertikai sebenarnya masih  bersaudara, kalau katanya macam adek dan abang, masih,” ujar Bungaran, Selasa (4/4/2023).

Bungaran belum merinci identitas dari emak-emak yang mengahalangi pemakaman tersebut. Namun kata dia, pada akhirnya proses pemakaman tetap dilakukan.

“Kita upayakan negosiasi sama pihak yang menghambat, setelah itu mereka mau memakamkan. Itu sosialisasi dari Polwan kita, jadi pelaksanaan penguburan tetap berjalan,” ungkap Bungaran.

Dia juga mengatakan bahwa tempat pemakaman itu lahan pribadi, bukan tempat pemakaman umum.

Dalam tradisi orang batak, tambahnya, adalah hal biasa kalau jenazah dimakamkan di tanah pribadi.

“Itu kan tanah milik keluarga mereka. Misalnya tanah itu milik saya, nanti kalau saya meninggal saya mau dikubur di tanah saya saja, misalnya,” tutup Bungaran.

Namun rupanya ada pihak lain yang mengklaim sebagai pemilik lahan itu sehingga sempat terjadi sengketa. Namun akhirnya pemakaman tetap berjalan di lokasi tersebut setelah melalui negosiasi. (Faz).

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan