Kajianberita.com
Beranda Sumut Gubsu Edy akan Bangun SMK di Bandar, Simalungun dan Rancang Perbaikan 3.000 Km Jalan yang Rusak

Gubsu Edy akan Bangun SMK di Bandar, Simalungun dan Rancang Perbaikan 3.000 Km Jalan yang Rusak

Penandatanganan penyerahan lahan dari Kabupaten Simalungun ke Pemprovsu untuk pembangunan SMK negeri 1 Bandar

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi akan membangun sebuah SMK di Kecamatan Bandar, Simalungun dalam rangka mempersiapkan generasi muda terampil.  SMK Negeri 1 Bandar namanya. Rencana pembangunan itu berlangsung dalam waktu dekat setelah  Pemkab Simalungun menghibahkan tanah seluas 12.384 meter persegi kepada Pemprov Sumut.

Tanah yang dihibahkan itu berlokasi di Kelurahan Perdagangan III Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun.

Sesuai rencana, di atas tanah itu, Pemerintah Provinsi akan membangun SMK Negeri 1 Bandar, untuk meningkatkan SDM masyarakat sekaligus mendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke.

Penyerahan aset Pemkab Simalungun ditandai dengan penandatanganan NPHD (Nota Perjanjian Hibah Daerah) dan BAST (Berita Acara Serah Terima) oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Bupati juga berterima kasih kepada Gubsu, yang telah memberikan perhatian terhadap perbaikan infrastruktur jalan dari Siantar ke Perdagangan dan dari Sintar ke Tiga Runggu.

“Di Kecamatan Bandar ini juga ada KEK Sei Mangke, oleh karena itu diharapkan sekolah ini dapat mencetak tenaga-tenaga yang handal untuk ikut berkontribusi di perusahaan -perusahaan yang ada di Kek Sei Mangke,” kata Bupati.

“Selama ini dua ruas jalan provinsi tersebut merupakan polemik yang berkepanjangan, tetapi ini sangat luar biasa atas atensi bapak gubernur, sekarang sudah dapat dilalui dengan lancar,” kata Bupati.

Disampaikan Bupati, ada sekitar 56 km lagi jalan provinsi di Simalungun yang membutuhkan perhatian dari Provsu yakni jalan  Perlanaan – Siantar dan dari Siantar – Tiga Runggu. “Kami mohon pak untuk perhatiannya terhadap jalan tersebut,” kata Bupati.

Selain itu, Bupati juga menyampaikan terkait jembatan di Kota Perdagangan yang kondisinya sudah kurang layak. Jika jembatan ini tidak segera di tangani, menurut Bupati dikhawatirkan akan memutus hubungan Kabupaten Simalungun  dengan Kabupaten Batu Bara.

“Kami mohon perhatiannya pak, kalau ini terputus, menghambat pertumbuhan ekonomi termasuk KEK Sei Mangke, dan mungkin bisa menjadi masalah nasional,” kata Bupati.

Sementara itu Gubsu Edy Rahmayadi dalam sambutannya  berharap dengan dibangunnya SMK Negeri 1 bandar akan dapat meningkatkan SDM di Kabupaten Simalungun khususnya Kecamatan Bandar.

“Sekolah nya memang wewenang dari provinsi akan tetapi master plan nya wewenang Bupati,” kata Gubernur.

Selanjutnya Gubernur Edy mengatakan bahwa saat ini Provinsi Sumatera Utara sangat kekurangan guru sekitar 12.600 lebih, namun sekolah ini harus berjalan.

“Saya mau mencetak guru – guru dan semuanya perlu proses dan waktu. Ada sekolahan tak ada guru bagaimana. Inilah sekarang yang kita benahi dan kita tidak boleh ngeluh dan harus terus berjalan,” kata Gubernur.

“Saya yakin dengan Kecamatan Bandar ini, saya butuh nantinya murid – murid yang berprestasi dari sekolah ini. Jangan kita buat sekolahan akan tetapi tidak ada hasilnya. Jadi saya mau nantinya berdiri sekolah ini akan meningkatkan SDM kita,” harap Bupati.

Dalam menanggapi kerusakan jalan di Kabupaten Simalungun, Gubernur mengatakan bahwa ada sekitar 3000 Km jalan yang harus diperbaiki di Provinsi Sumatera Utara. Hanya saja, Pemprovsu terkendala dana sehingga harus memperbaiki jalann itu secara bertahap.

“Tidak mungkin bisa kita perbaiki semua secara bersamaan. Pasti ada gilirannya, sebab anggaran juga terbatas,” katanya.

Namun Edy memastikan, perbaikan jalan akan menjadi prioritas yang sudah diagendakannya. Dengan agenda itu, nantinya program bisa dijalankan tahun berikutnya.

Masa jabatan Edy Rahmayadi sebagai gubernur akan berakhir pada 5 September mendatang. Jika pembangunan jalan diagendakan sekarang, setidaknya perbaikan jalan itu akan lebih mudah dilaksanakan  pejabat gubernur berikutnya. (faz)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan