Kajianberita.com
Beranda Headline Sebanyak 22 Bacalon DPD asal Sumut Memenuhi Syarat untuk Bersaing pada Pemilu 2024, Ini daftarnya  

Sebanyak 22 Bacalon DPD asal Sumut Memenuhi Syarat untuk Bersaing pada Pemilu 2024, Ini daftarnya  

Proses rapat KPU Sumut untuk memutuskan bakal calon anggota DPD Dapil Sumut

Setelah melalui proses rekapitulasi dan klarifikasi selama beberapa minggu, akhirnya  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara selesai melakukan evaluasi terhadap bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Daerah Pemilihan Sumut. Sebanyak 22 Bacalon dinyatakan memenuhi syarat untuk ikut bersaing pada Pemilu Februasi 2024 mendatang.

Hasil akhir rekapitulasi ini diperoleh KPU Sumut setelah mengadakan pertemuan di Hotel JW Marriott, Jalan Putri Hijau Medan, Selasa (11/04/2023).

Komisioner KPU Sumut, Batara Manurung, mengatakan, dalam verifikasi faktual tahap dua dinyatakan 17 bacalon memenuhi syarat, karena satu orang bacalon mengundurkan diri. Sehingga penetapan rekapitulasi akhir menjadi 22 orang.

“Karena ada lima sebelumnya sudah memenuhi syarat pada rekap awal, sehingga dari hasil rekap akhir, ada 22 bacalon DPD RI yang dinyatakan memenuhi syarat minimal dukungan pemilih dan sebaran,” kata Batara.

Batara menyebutkan, nama 22 Bacalon ini, akan disampaikan kepada KPU RI, lalu kemudian ditetapkan menjadi calon DPD. Penetapan ini akan secepatnya dilakukan oleh KPU RI.

“Nanti KPU RI akan menetapkan, dan hasil rekapitulasi dan hasil itulah yang kemudian digunakan untuk pencalonan.

Selanjutnya akan diumumkan secara resmi ke publik. kemungkinan besar 22 nama ini tidak lagi berubah. Selanjutnya 22 nama ini akan bersaing untuk memperbutkan 4 kursi anggota DPD dari pemilihan Sumut.

Dari 22 nama yang muncul itu, tiga di antaranya merupakan incumbent atau yang masih tercatat sebagai anggota DPD RI saat ini. Ketiganya  adalah Dedi Iskandar batubara ( ketua Alwashliyah Sumut), Badikenita Sitepu (tokoh perempuan Karo) dan  Muhammad Nuh (politisi yang pernah aktif di PKS).

Dua nama pertama sudah dua periode duduk sebagai anggota DPD dari Sumut, sedangkan Pdt WTP Simarmata, salah satu anggota DPD Sumut lainnya telah meninggal dunia pada 17 Juni 2022 lalu.

Berikut Daftar Nama-nama Bacalon DPD RI asal Sumut Memenuhi Syarat

  1. Abdon Nababan
  2. Albiner Sitompul
  3. Andi Junianto Barus
  4. Bahrul Ulum Harahap
  5. Darwis H Harahap
  6. Emsah Peranginangin
  7. Ikhwaluddin Simatupang
  8. Iskandar Sembiring
  9. Joko Susilo
  10. M Firman Syah
  11. Parlindungan Purba
  12. Parulian Siregar
  13. Penrad Siagian
  14. Rafdinal
  15. Rosdiana
  16. Samulya Surya Indra
  17. Sukadi
  18. Muhammad Nuh
  19. Faisal Amri
  20. Dedi Iskandar batubara.
  21. Badikenita Br. Sitepu.
  22. Sabam Parsaoran Parulian Manalu

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan