Kajianberita.com
Beranda Headline Usai Jalani Pemeriksaan di Polda Sumut, Baim Wong Berharap Penipu atas Namanya Diberi Sanksi Tegas

Usai Jalani Pemeriksaan di Polda Sumut, Baim Wong Berharap Penipu atas Namanya Diberi Sanksi Tegas

Baim Wong usai menjalani pemeriksaan di Markas Polda Sumut

Usai menjalani proses pemeriksaan selama hampir tiga jam  di Markas Polda Sumut, Tanjong Morawa, artis kondang   Baim Wong mengaku cukup puas. Ia merasa keterangan yang disampaikannya kepada tim penyidik sudah cukup lengkap. Baim Wong berharap pelaku penipuan yang mengatasnamakan  dirinya dapat Segera diproses secara hukum yang berlaku.

“Saya kira keterangan dari saya sudah cukup lengkap. Mudah-mudahan bisa membantu penyidik untuk memproses pelaku dalam Persidangan nanti,” katanya kepada wartawan, Senin (10/54/2023) usai pemeriksaan itu.

Baim Wong sengaja datang ke Polda Sumut untuk memenuhi panggilan guna mengklarifikasi Kasus penipuan yang dilakukan  oleh  Mulia Kantana (25), warga Kota Tanjung Balai, yang menipu dengan mengatasnamakan Baim Wong.

Baim hadir di Polda Sumut sekitar pukul 17.40 WIB  pada Senin kemarin. Ia mengenakan kaus warna hitam, didampingi dua orang lainnya. Baim Wong hadir menumpangi mobil Toyota Kijang Innova berwarna hitam.

Kurang lebih Baim diperiksa selama tiga jam di dalam gedung dan keluar sekitar pukul 20.35 WIB.

Usai menjalani pemeriksaan klarifikasi, Baim mengaku senang karena penipu yang mengatasnamakan dirinya tertangkap di Polda Sumut. Setidaknya lebih ada tiga laporan yang telah disampaikan ke Polda Metro Jaya mengatasnamakan Baim Wong itu.

Tidak disangka, pelaku tersebut Ternyata ada di Tanjung balai, Sumatera Utara. Beruntungnya,  Polda Sumut bergerak cepat untuk menangkap pelaku penipuan itu.

“Terima kasih juga Kepolisian Sumatera Utara, Kapolda Sumatera Utara juga terima kasih banget karena cepat banget gak tau kenapa. Karena saya laporannya di Jakarta tetapi karena ketangkap duluan disini, dipanggil,”kata Baim Wong di Polda Sumut, malam.

Saat berada di Polda Sumut, suami dari Paula Verhoeven ini berkesempatan bertemu pelaku dan menanyakan alasan dan caranya menipu.

Dari keterangan yang diterimanya, Mulia Kantana menipu korban dengan cara memutar suara Baim yang diduga diambil dari internet dan sisa program Baik di salah satu acara televisi.

Sejauh ini tercatat sudah ada sekitar 40 hingga 50 orang yang terkonfirmasi kena tipu uang yang mengatasnamakan dirinya.

“Emang orang-orang ini pinter. Pinter banget. Kalau saya bilang ya jenius malahan. Karena kan kalau ada jeda berapa lama pemilihan sudah curiga, tetapi dia bisa play-play gitu.”

Terpisah, penyidik Subdit Cybercrime Polda Sumut Briptu Irayata Gurusinga mengatakan, modus Mulia Kantana (25) ini awalnya mengambil alih akun orang lain. Kemudian ia membuat postingan melalui akun Facebook yang dicuri kalau ia baru saja mendapatkan hadiah dari Baim Wong, disertakan link WhatsApp.

Mulia Kantana, warga Tanjungbalai pelaku penipuan yang ditahan di Polda Sumut

Kemudian korban bernama Evi membaca dan langsung mengklik tautan yang bernarasi mengajak tersebut.

Ketika korban mengklik langsung terhubung ke akun WhatsApp bernama Baim Wong yang sebelumnya juga telah dipersiapkan. Setelah itu korban dijanjikan uang giveaway atau hadiah sebesar Rp 20 juta dari Baim.

Namun sebelum uang dikirim, korban diminta transfer biaya administrasi, dan biaya segala segala macamnya sampai akhirnya mencapai Rp 150 juta. Saat ditanya, pelaku berjanji akan mengembalikan bersamaan uang giveaway tadi.

Sampai akhirnya korban sadar bahwa semua itu adalah penipuan. Hal itu yang mendorong korban kemudian membuat pengaduan ke Polda Sumut.

Salah seorang korban Bernama  Evi (48) mengaku awalnya tertarik karena melihat postingan di salah satu akun Facebook mengenai pemberian hadiah sebesar Rp 20 juta. Setelah dijebak melalui giveaway dia pun diminta transfer uang agar uang sebesar Rp 20 juta yang dijanjikan dapat dikirim.

Tim cyber Polda Sumut awalnya tidak mudah untuk mengusut Kasus itu.  Tapi setelah memeriksa jaringan internet dengan menggunakan teknologi yang ada, akhirnya terkuak kalau pelaku penipuan itu berada di Tanjungbalai.

Setelah ditelusuri lebih dalam, Polda Sumut mendapatkan jaringan rumah pelaku, sehingga akhirnya Mulia Kantana sebagai pelaku berhasil ditangkap di rumahhya. Polda Sumut memperkirakan korban penipuan atas nama Baim Wong itu telah  berhasil meraup dana lebih dari Rp 150 juta  dari para korbannya.

Baim Wong berharap sanksi hukum kepada pelaku Segera diberikan dengan tegas. Ia menace tidak akann memaafkan pelaku sebagai bentuk pelajaran agar penipuan seperti itu tidak terjadi lagi. Baim juga meminta agar masyarakat berhati-hati dengan segala bentuk janji yang mengatasnamakan dirinya. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan