Kajianberita.com
Beranda Headline Alamak…! PSI Memelas Minta Diizinkan Bergabung dengan Koalisi Besar

Alamak…! PSI Memelas Minta Diizinkan Bergabung dengan Koalisi Besar

ketua PSI Giring Ganesha memelas untuk bergabung dalam Koalisi Besar

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha dan jajaran pengurus DPP lainnya menyambangi kantor pusat Partai Golkar di kawasan Slipi, Jakarta Barat, Rabu (12/4). Tujuan mereka adalah untuk bermohon agar diajak bergabung dalam Koalisi Besar.

Sebelumnya, PSI sama sekali tidak pernah digubris partai-partai pendukung Jokowi untuk bergabung dalam Koalisi Besar yang digagas Gerindra, PKB, PPP, PAN dan Golkar. Bisa dipahami, sebab PSI adalah partai gurem yang dianggap hanya kerap mengeluarkan omongan besar.

Dalam berbagai survei yang dilakukan lembaga independen, keberadaan PSI juga tidak pernah diperhitungkan masuk dalam jajaran partai elit. Apalagi ketua partainya Giring Ganesha masih hijau dalam dunia politik dan kerap tampil  berlagak orang pintar.

Namun PSI rupanya sadar diri kalau mereka kurang dilirik oleh partai besar. Oleh sebab itu, mereka terpaksa bergerak aktif menyambangi partai anggota Koalisi Besar agar diterima bergabung dalam kelompok itu.

Dalam kunjungan ke kantor Golkar Rabu (12/4/2023 rombongan elite PSI itu disambut langsung Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang didampingi Bendahara Umum Dito Ganinduto, Wakil Ketua Umum Agus Gumiwang Kartasasmita, hingga Ketua DPP TB Ace Hasan Syadzily.

“Terima kasih buat Pak Airlangga dan jajaran Partai Golkar yang sudah menerima kami dua kali datang ke DPP,” kata Giring dalam sambutannya usai pertemuan tertutup.

Di hadapan elite Partai Golkar, Giring menyatakan PSI selalu mendukung semua program Presiden Joko Widodo. Karena itu, dia tak heran dengan tingkat kepuasan publik terhadap Jokowi di hasil survei LSI mencapai 76,8 persen.

Dia menegaskan PSI akan selalu tegak lurus dengan Jokowi. Menurut Giring, semua program dan kebijakan pemerintah merupakan simbol keberlangsungan pembangunan.

“Kami di PSI tegak lurus kepada Pak Joko Widodo sehingga keputusan apapun yang beliau sampaikan adalah lambang keberlangsungan pembangunan,” ucapnya. Atas dasar itu Giring memelas agar partainya diizinkan bergabung dalam Koalisi Besar.

Ketua Golkar tentu saja menyambut ramah permintaan itu. Namun ada masalah mengganjal yang mereka hadapi, sebab sejak awal PSI tegas menyatakan kalau mereka akan mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Sementara Koalisi Besar cenderung sepakat mendukung Prabowo.

Tapi karena PSI adalah partai gurem, kemungkinan rencana mereka untuk mengusung Ganjar  akan diubah, berbalik mendukung Prabowo asal diizinkan bergabung  dengan Koalisi Besar.

Nasib PSI dalam konstestasi partai di Indonesia agak unik, sebab partai itu cenderung dianggap sebelah mata meski ketuanya kerap mengeluarkan omongan besar. Bahkan saat memutuskan mengusung Ganjar sebagai calon presiden, Ganjar sendiri merespon sinis suara PSI.

“Apa itu PSI, saya tidak kenal..!” kata Ganjar. (faz)

 

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan