Kajianberita.com
Beranda Sumut Masjid Amal Silaturrahim Sukaramai Dapat Dukungan Baznas dan Gubsu Lawan Upaya Penggusuran

Masjid Amal Silaturrahim Sukaramai Dapat Dukungan Baznas dan Gubsu Lawan Upaya Penggusuran

Ketua Panitia Renovasi Masjid Amal Silaturrahim Irmansyah Lubis (kedua dari kiri) menunjukkan bantuan dana Rp 100 juta yang diberikan Baznas Sumut. bantuan itu akan digunakan untuk merenovasi masjid agar lebih nyaman bagi para jemaah

Upaya PT Perumnas dan jaringan mitra bisnisnya untuk menggusur Masjid Amal Silaturrahim yang berlokasi di Jalan Timah Putih, Kelurahan Sukaramai II, Kecamatan Medan Area masih terus berlanjut. Di tengah rencana itu, dukungan untuk pembangunan dan renovasi masjid justru semakin menguat.

Salah satunya dari Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sumatera Utara. Dalam pembagian zakat yang berlangsung  di Aula T Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubsu Kamis (13/4), pengurus Baznas Sumut menyerahkan bantuan Rp 100 juta kepada pengurus  BKM Amal Silaturrahmi.

Bantuan itu diberikan langsung Ketua Baznas Sumut Prof H M Hatta dan diterima oleh Ketua Aliansi Penyelamatan Masjid Amal Silaturrahim (APMAS) Affan Lubis.  Selanjutnya bantuan itu  diserahkan kepada Ketua Panitia renovasi Irmansyah Lubis, disaksikan bendahara Abdul Latif Balatif SE dan masyarakat lainnya.

Usai menerima bantuan tersebut, Ketua APMAS Affan Lubis mengucapkan terimakasih kepada Baznas Sumut yang begitu peduli terhadap perjuangan masyarakat untuk mempertahankan Masjid Amal Silaturrahim.

“Kami sangat berterimakasih atas bantuan ini. Bantuan ini akan kami manfaatkan untuk pembenahan tempat wudhu serta perbaikan fasilitas lainnya, sehingga Masjid Amal Silaturrahmi lebih nyaman bagi Jemaah,” ujar Affan Lubis.

Selain dari Baznas, Masjid Amal Silaturahmi juga mulai banyak mendapat bantuan dari para donatur dan warga masyarakat. Semua dana itu nantinya dimanfaatkan untuk melengkapi  berbagai kebutuhan masjid.

Dengan bantuan itupula, pengurus BKM lebih bersemangat menciptakan suasana nyaman di rumah ibadah itu. Bersama warga setempat, BKM semakin gigih mempertahankan keberadaan masjid tersebut dari penggusuran pihak pengusaha.

“Jangan pernah ada sekalipun upaya untuk menggusur masjid ini. Kami akan lawan siapapun yang mau menggusur rumah ibadah kami,” kata Affan Lubis.

Masjid Amal Silaturrahim yang sudah dikelilingi apartemen mewah. Nasibnya terancam digusur demi kepentingan ekonomi

Masih Terancam Digusur

Sebelumnya  keberadan Masjid Amal Silaturrahim berkali-kali hendak dirubuhkan oleh PT Perumnas bekerjasama dengan  pengusaha property yang bermaksud mendirikan apartemen mewah di lahan masjid itu. Mereka sudah berjanji akan membangun masjid baru sebagai pengganti, tapi di lokasi yang  berbeda.

Alasan penggusuran itu, karena lokasi masjid persis berada di area perencanaan apartemen yang sedang dibangun PT Perumnas bersama perusahaan mitranya.  Malah di sekelilingnya telah berdiri apartemen yang baru.

Pihak pengusaha property berencana membangun sebuah apartemen baru persis di lokasi masjid Amal Silaturrahmi yang sekarang. Oleh karena itu mereka ingin menggusur masjid itu dan menggantikannya dengan masjid lain di lokasi berbeda.

Upaya penggusuran ini yang dilawan masyarakat. Pasalnya lokasi masjid yang baru sangat tidak stategis. Tidak senyaman yang sekarang.  Oleh karena itu upaya mempertahankan masjid Amal Silaturrahim kian menguat.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi termasuk yang ngotot agar masjid itu jangan sampai digusur.

“Harus kita pertahankan masjid ini. Bila perlu diperluas dan lebih ditingkatkan lagi,” kata Edy Rahmayadi.

Hal yang sama juga disampaikan pengurus MUI Kota Medan, Ketua DPP Alwashliyah, dan para ulama lainnya.  Dukungan dari Baznas Sumut tentunya semakin memperkuat semangat untuk mempertahankan masjid tersebut.

Irmansya Lubis selaku panitia renovasi masjid itu bertekad akan memanfaatkan dana yang ada seefektif mungkin, sehingga renovasi yang dilakukan membuat Masjid Amal Silaturrahim semakin kokoh dan aktif sebagai tempat berbagai kegiatan ibadah. (Faz)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan