Kajianberita.com
Beranda Sumut Bandara Kualanamu Bersiap Sambut Lonjakan Penumpang yang Diprediksi Naik 37 Persen

Bandara Kualanamu Bersiap Sambut Lonjakan Penumpang yang Diprediksi Naik 37 Persen

PT Angkasa Pura Aviasi memprediksi jumlah penumpang di Bandara Kualanamu pada masa angkutan Lebaran meningkat dari tahun sebelumnya. Puncak arus mudik pada tanggal 19 April dan arus balik diperkirakan pada tanggal 5 Mei 2023.

Head of Corporate Secretary and Legal PT Angkasa Pura Aviasi Dedi Al Subur mengatakan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik, pihaknya telah mempersiapakan diri baik dari persiapan, pelayanan dan keamanan.

“Kami membuka posko terpadu untuk meningkatkan pelayanan dan kemanan pemudik, Apel Posko Monitoring dibuka pagi ini pad pukul 08.30 WIB oleh Bapak Samanto yang mewakili kepala Otorita Bandar Udara Wilayah II,” kata Dedi Al Subur melalui keterangan tertulis yang diterima, Jumat (14/4).

Dia menjelaskan Posko Terpadu Angkutan Lebaran itu berlokasi di selasar terminal kedatangan Bandara Internasional Kualanamu. Posko terpadu ini, lanjutnya, melibatkan berbagai pihak mulai dari Satgas Covid-19, Otoritas Bandara, Airlines, TNI dan Polri.

“Posko terpadu diharapkan menjadi pusat informasi dan dapat mengawal kelancaran arus transportasi udara, serta untuk memastikan mudik aman dan nyaman bagi seluruh pengguna jasa pada momen Hari Raya Idul Fitri 1444 H,” ungkapnya.

Selain dari pelayanan, untuk menjamin kelancaran arus mudik di Bandara Kualanamu sejumlah maskapai telah mengajukan penambahan penerbangan (extra flight).

Beberapa maskapai yang telah mengajukan penambahan jadwal penerbangan tersebut, yakni dengan rute Medan – Jogja (KNO-YIA), Medan – Batam (KNO-BTH), Medan – Pekan Baru (KNO-PKU), dan penerbangan internasiona Medan – Bangkok (KNO-DMK), serta tentunya rute paling favorit yaitu Medan – Jakarta (KNO-CG

Tak hanya itu, peningkatan layanan juga di persiapkan dengan matang yaitu Self service Facilities, Virtual Customer Service Assistant, Contact Center Airport, dan Kursi Roda.

Semua fasilitas tersebut guna mempersiapkan para penumpang yang akan mudik diperkirakan naik dengan jumlah pesawat meningkat 33 persen dan jumah penumpang meningkat 37 persen dibanding jumlah penumpang dari puncak arus mudik tahun 2022.

Puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada tanggal 19 April 2023 dan arus balik diprediksi terjadi pada tanggal 5 Mei 2023.

President Director PT Angkasa Pura Aviasi Achmad Rifai berharap seluruh pihak dapat mempersiapkan dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat saat angkutan mudik maupun arus balik di bandara.

“Perlu kesiapan, koordinasi, dan kolaborasi bagi PT Angkasa Pura Aviasi agar dapat terlaksana dengan baik serta memberikan pelayanan, keamanan, dan kenyamanan kepada masyarakat dengan baik pula, agar tercipta mudik aman berkesan,” ucapnya.(mar8/jp)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan