Kajianberita.com
Beranda Headline BNNP Dihadang Massa OKP dan Oknum TNI saat Menggerebek dan Menangkap Bos Sabu di Binjai

BNNP Dihadang Massa OKP dan Oknum TNI saat Menggerebek dan Menangkap Bos Sabu di Binjai

Penggerebekan barak narkoba di Kutalimbaru, Deli Serdang oleh BNNP Sumut

Upaya penggerebekan bisnis narkoba di Binjai dan Deli Serdang yang dilakukan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumut berjalan tidak mudah. Perlawanan dari massa OKP cukup sengit. Meski demikian BNNP akhirnya berhasil  mengamankan Tera Ginting, yang merupakan Bendahara Satgas IPK Kota Binjai.

Penangkapan Tera Ginting merupakan tindak lanjut dari penggerebekan yang dilakukan BNNP  di barak narkoba yang berada di kawasan Dusun Tanjung Pamah, Desa Namorube Julu, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deliserdang pada Januari lalu.

Kala itu setidaknya enam orang yang terlibat bisnis narkoba jenis sabu berhasil diamankan. Barak itu diketahui merupakan milik dari  Tera Ginting.

Saat  itu Tera Ginting berhasil melarikan diri, sehingga statusnya dinyatakan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Namun pada Kamis siang (13/4/2023), pemburuan Tera Ginting membawa hasil.  BNNP Sumut berhasil menangkapnya dalam sebuah operasi senyap yang berlangsung di kawasan Kota Binjai.

“Sudah ditangkap kemarin sore,” kata Sempana kepada awak media, Jumat (14/4/2023).

Ia menyampaikan, Bendara Satgas IPK Kota Binjai ini memang sudah lama masuk dalam target operasi dan menjadi daftar pencarian orang (DPO) BNNP Sumut.

Dalam catatan BNNP Sumut, Tera Ginting merupakan pemasok narkoba di berbagai tempat, termasuk di barak narkoba Dusun Tanjung Pamah, Desa Namorube Julu, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deliserdang milik Samsul Tarigan, yang merupakan Ketua Satgas IPK Sumut.

Saat ini pun Samsul Tarigan sudah masuk dalam daftar DPO. Ia berhasil melarikan diri meski barak narkoba dan judi yang dikuasainya telah digrebek Poltabes Medan Senin (10/4/2023).

“Soal Samsul Tarigan itu tetap akan diburu. Sekarang kita fokus menangani Tera Ginting ini,” kata Sampena.

Saat menangkap Tera Ginting, upaya yang dilakukan BNNP Sumut tidak bisa dikatakan mudah. Pasalnya, Tera sempat mendapat perlindungan dari seorang oknum TNI yang  bekerja sebagai supir pribadinya. Oknum itu diketahui Bernama Praka Prima Abadi Sitepu.

Sosok Praka Prima Abadi Sitepu ini yang sempat mengomandoi sejumlah anak muda untuk memberikan perlawanan terhadap petugas saat BNNP saat akan menangkap majikannya. Namun perlawanan mereka berhasil diatasi, sehingga Tera Ginting tetap berhasil diamankan.

Selain Tera Ginting, ada 10 orang lagi yang diamankan  terkait peredaran narkoba di Binjai dan Deli Serdang yang diduga dikomandoi beberapa Oknum OKP itu.

“Jadi saat penggerebekan kemarin, total 11 orang kita amankan, terdiri dari enam orang laki – laki dan lima perempuan diamankan. Dari tes urine  yang dilakukan,  tiga perempuan negatif, sisanya delapan orang positif narkoba,” kata Sempana.

Tiga perempuan yang negatif itu telah dipulangkan kepada keluarganya. Sementara, delapan lagi masih di tahan dan menjalani pemeriksaan.

Perjuangan BNNP dan Polri dalam mengatasi peredaran narkoba di Binjai dan Deli Serdang masih terus berlanjut, sebab diduga masih ada bebetapa oknum OKP yang terlibat  bisnis haram itu. BNNP sangat menyangkan kalau Ternyata oknum itu justru menjadikan organisasinya sebagai tempat perlindungan untuk melakukan kejahatan. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan