Kajianberita.com
Beranda Uncategorized Menjelang Akhir Ramadan, Cuaca di Kota Medan Mencapai 36,5 Celcius

Menjelang Akhir Ramadan, Cuaca di Kota Medan Mencapai 36,5 Celcius

Pekan terakhir menjelang berakhirnya Ramadan 2023, cuaca di Kota Medan terasa sangat panas terik. Kemudian pada malam hari cuaca juga terasa gerah.

Berdasarkan keterangan BMKG Wilayah I Medan, kondisi ini bukan hanya terjadi di Medan, melainkan di beberapa wilayah Indonesia. Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Defri Mandoza mengatakan, selama beberapa hari ini suhu di Kota Medan berkisar 34 hingga 36,5 Celsius. Suhu ini berlangsung sejak awal bulan April 2023 hingga sekarang.

Penyebab panas menyengat disebabkan posisi semu matahari yang berada di sekitar dekat ekuator, dalam pergerakannya ke utara hingga Juni nanti. Kemudian, ditambah cuaca selama bulan April berawan pagi, hingga siang.

Hal inilah yang membuat awan yang menutupi sinar matahari berkurang.

“Kondisi ini dapat memicu Suhu yang cukup panas di wilayah Sumatera Utara pada siang hingga sore hari,”kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Defri Mandoza, Sabtu (15/4/2023).

Cuaca panas menyengat ini diperkirakan berlangsung sampai bulan Juni 2023 mendatang. Namun, kondisi isi masuk dalam kategori normal terutama di dalam masa musim transisi ke musim kemarau.

“Kondisi ini dapat memicu suhu yang cukup panas di wilayah Sumatera Utara pada siang hingga sore hari,” ucapnya.

BMKG menyarankan, pada hari libur jika tidak ada kegiatan, sebaiknya warga berdiam di rumah, Mengingat cuaca terik ini berlanjut terus hingga  beberapa pekan setelah lebaran nanti.

Suhu 36.5 Celcius bukanlah yang tertinggi di Kota Medan, sebab kota ini pernah mengalami panas   di atas 37 celcius.(*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan