Kajianberita.com
Beranda Sumut Setahun Overlanding Indonesia Sumut Diwarnai Bagi-Bagi Takjil dan Diskusi Kreativitas Anak Muda

Setahun Overlanding Indonesia Sumut Diwarnai Bagi-Bagi Takjil dan Diskusi Kreativitas Anak Muda

Tim Overlanding Indonesia Sumut berbagi takjil di Jalan Rajawali Medan

Overlanding Indonesia —  komunitas pegiat wisata dan jelajah  nusantara yang dirikan Agus Harimurti Yudhyono (AHY) —  genap berusia satu tahun pada April 2023 di Sumatera Utara. Bertepatan bulan Ramadan ini, momentum ulang tahun itu diperingati dengan kegiatan bagi-bagi takjil kepada pedagang kaki lima, abang becak dan driver ojol di depan markas Overlanding Indonesia Sumut di Jalan Rajawali, Medan.

Belasan tim relawan Overlanding turun langsung ke jalan membagi-bagikan takjil itu. Sebanyak 500 paket takjil langsung ludes diberikan hanya dalam waktu satu jam.

Warga menyambut antusias pembagian takjil itu. Beberapa orang sempat pula bertanya tentang apa itu Overlanding Indonesia karena belum mengerti tentang aktivitas komunitas ini.

Tim Overlanding secara singkat menjelaskan misi komunitas yang concern dengan kegiatan jelajah nusantara dan aktivitas wisata. Antusias warga semakin meningkat setelah mereka diberitahu kalau komunitas ini didirikan oleh AHY.

“Oh, begitu. Salam untuk AHY, bang.   Semoga Beliau yang dipilih Pak Anies sebagai calon wakil presiden nanti,” kata Anton, salah seorang driver ojol yang menerima takjil dari relawan Overlanding.

Setelah kegiatan pembagian takjil selesai, momentum ulangtahun itu dilanjutkan dengan acara berbuka puasa bersama di rumah Ketua Overlanding Indonesia Sumut, Irmansyah Lubis di Jalan Rajawali 43.

Malam harinya setelah sholat tarawih, acara dilanjutkan dengan acara diskusi bersama sejumlah tokoh di Kilat café Jalan Garuda, membahas tentang berbagai kegiatan kreatif anak Muda Kota Medan.

Hadir dalam diskusi itu, antara lain, mantan Walikota Medan Akhyar Nasution, perwakilan komunitas motor dan mobil Kota Medan, aktivis mahasiswa dan sejumlah tokoh politik local.

Diskusi itu, salah satunya membahas rencana kegiatan silaturrahmi para komunitas otomotif  Kota Medan dan sekitarnya yang akan dilaksanakan setelah lebaran nanti di Komplek Taman budaya Medan.

Overlanding Indonesia Sumut menggagas diskusi kreativitas anak muda

Acara itu nantinya akan dihadiri langsung oleh pendiri Overlanding AHY dan beberapa pengurus Overlanding Indonesia tingkat pusat. Adapun perwakilan komunitas otomotif yang hadir diperkirakan mencapai 1.500 orang.

“Silaturrahmi otomotif Kota Medan yang kita laksanakan nanti sekaligus sebagai puncak acara Ulang Tahun pertama Overlanding Indonesia Sumatera Utara,” kata Irmansyah Lubis.

Namun karena diskusi itu dihadiri kelompok masyarakat yang berpikir kritis, tentu saja topik yang dibahas terkadang melebar ke masalah politik  dan situasi terkini wilayah Sumatera Utara.  Dalam hal ini overlanding hanya sebagai fasilitator saja.

Overlanding Indonesia, kata Irmansyah Lubis, tidak  membatasi anggotanya untuk berkiprah dalam kegiatan politik dan kemasyarakatan. Namun kala berbicara atas nama Overlanding, focus perhatian tetap mesti terarah kepada aktivitas jejalah nusantara dalam rangka mempromosikan Potensi wisata tanah air.

“Kita adalah bagian dari semangat AHY yang begitu peduli dengan Potensi wisata di negeri ini,” ujar Irmansyah Lubis.

Irmansyah adalah Ketua Overlanding Indonesia Sumut yang pernah sukses mengajak AHY berkemah di pinggir Danau Toba saat berlangsung Jambore Otomotif Indonesia di Pantai Pakkodian,  Kabupaten Toba pada September 2022.

Sejak AHY berkemah di lokasi itu, popularitas Pantai Pakkodian sebagai spot wisata Toba semakin menarik perhatian warga.  (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan