Kajianberita.com
Beranda Headline Peringati HUT Sumut ke-75, Edy Rahmayadi dan Pimpinan Daerah Berziarah ke Makan Tokoh Sumut

Peringati HUT Sumut ke-75, Edy Rahmayadi dan Pimpinan Daerah Berziarah ke Makan Tokoh Sumut

Gubernur Edy Rahmayadi bersama Ijeck dan sejumlah unsur Forkopimda berziarah ke Makam Pahlawan

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi didampingi wakilnya Musa Rajekshah memimpin ziarah memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Provinsi Sumut. Sekaligus keduanya juga menggelar upacara  Upacara Peringatan HUT ke-75 Provinsi Sumut di Taman Malam Pahlawan Bukit Barisan, Jalan Sisingamangaraja Medan, Senin (17/4).

Acara itu dihadiri sejumlah pejabat daerah, antara lain Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak dan unsur Forkopimda lainnya. Hadir juga Kepala Perwakilan BI Sumut Doddy Zulverdi, konsul negara-negara sahabat, Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis,  Ketua Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari, serta OPD Pemprov Sumut.

Usai upacara, Edy Rahmayadi juga memimpin rombongan untuk ziarah ke makam sejumlah tokoh Sumut.  “Keharmonisan Sumut yang multi etnis harus terus kita pertahankan, ini warisan besar pendahulu kita, begitu juga keharmonisan pemimpin-pemimpinnya,” kata Edy Rahmayadi usai ziarah.

Beberapa makam yang diziarahi, antara lain Raja Inal Siregar, Marah Halim Harahap dan MT Situmeang. Dia juga tidak lupa berziarah ke makam ayahnya, Kaptel Kal (Purn) Rachman Ishaq.

Edy Rahmayadi berpesan agar masyarakat Sumut tidak lupa pada sejarahnya, terutama anak-anak muda. Sejarah menurutnya bisa memberikan kebanggan dan pelajaran besar pada generasi penerus.

“Jangan lupakan sejarah, jangan tinggalkan sejarah yang membawa kita ke posisi saat ini, kita harus pelajari untuk diadopsi saat sekarang,” kata Edy Rahmayadi.

Ulang Tahun provinsi Sumut tepatnya jatuh pada 15 April 2023. Pada peringatan HUT kali ini  Pemerintah Provinsi  Sumut mengangkat Tema ‘Sumatera Utara maju, Unggul dan Terhormat Untuk Sumut Bermartabat’.

“Tema ini kita pilih untuk membawa optimisme, bahwa kita (Provinsi Sumut) sudah berada pada level sesungguhnya. Sebagai provinsi yang terus melangkah dalam kemandirian, mewujudkan kesejahteraan berkeadilan, “ ungkap Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sumut Basarin Yunus Tanjung kepada media beberapa waktu lalu.

Dalam peringatan HUT Provinsi Sumut, akan diselenggarakan berbagai kegiatan. Di antaranya ziarah ke Taman Makam Pahlawan, Rapat paripurna istimewa di Gedung DPRD Sumut dan berbagai kegiatan bakti Sosial.

“Karena 15 April jatuh tepat di hari Sabtu yang notabene libur atau di luar hari kerja, maka pelaksanaannya kita undur pada hari senin tanggal 17 April 2023,” ujar Basarin.

Setelah ziarah yang berlansung hari ini di  Taman Makam Pahlawan, acara dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Istimewa di Gedung DPRD Sumut. Sedangkan kunjungan bakti sosial akan dilaksanakan pada Selasa, 18 April 2023, dengan mengunjungi panti-panti sosial di seputaran Kota Medan.

Di usianya yang ke-75 tahun, Provinsi Sumut telah melakukan berbagai langkah maju melalui percepatan pembangunan semua bidang. Indikatornya adalah berbagai penghargaan yang telah diperoleh.

“Dalam kurun waktu 2019-2022 saja kita telah mengumpulkan kurang lebih 80 perhargaan di berbagai bidang. Baik dari Pemerintah pusat dan Lembaga lainnya. Ini patut kita apresiasi dan menjadi kebanggaan kita,” kata Basarin. (faz)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan