Kajianberita.com
Beranda Sumut Sebanyak 94 Unit Bus Gratis dari Pemprovsu Antar Ribuan Pemudik dari Sumut ke Berbagai Daerah

Sebanyak 94 Unit Bus Gratis dari Pemprovsu Antar Ribuan Pemudik dari Sumut ke Berbagai Daerah

Gubernur Edy Rahmayadi melepas pemudik yang pulang ke kampung halaman dengan menggunakan fasilitas bus gratis dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melepas keberangkatan 94 bus Mudik Gratis Bermartabat yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut. Total peserta yang mengikuti mudik gratis tersebut sebanyak 3.500 orang.

Di saat bersamaan, Edy Rahayadi juga memastikan keamanan rumah yang ditinggal mudik akan dijaga aparat keamanan. Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut telah berkoordinasi dalam rangka keamanan lingkungan yang ditinggal mudik.

“Kami (Forkopimda) sudah berkoordinasi, Ketua DPRD, Kapolda, Pangdam, memfasilitasi mengamankan rumah rakyat yang ditinggalkan, saya koordinasikan untuk patroli di luar rumah, rakyat yang mudik juga harus memastikan rumahnya dalam kondisi aman, amankan listriknya, air, kompor, semua harus dalam kondisi aman,” kata Edy, usai melepas Mudik Gratis Bermartabat di depan Kantor Gubernur, Jalan Diponegoro Nomor 30, Medan, Rabu (19/4).

Edy juga menyampaikan aparat keamanan diperbanyak di jalan-jalan, guna mengurangi tindak kejahatan saat Idulfitri. “Polisi diperbanyak, Satpol PP dibantu TNI, begal jangan macam-macam, kami lebih banyak,” katanya.

Selain itu, Edy juga optimis perputaran ekonomi di Sumut akan meningkat selama Lebaran. Pasalnya ada kurang lebih 4,5 juta pemudik yang memasuki Sumut. “Ini bisa sampai Rp120 miliar saat Lebaran, mudah-mudahan yang pulang ke Sumut ini banyak-banyak belanja di Sumut,” ujarnya.

Adapun jurusan yang dituju pemudik gratis ini di antaranya Panyabungan, Padangsidimpuan, Sibolga, Rantau Prapat, Gunung Tua, Sidikalang, Salak, Stabat/Besitang. Para pemudik pun di setiap bus dibekali dengan logistik untuk selama dalam perjalanan.

Menurut Edy, mudik gratis tersebut meringankan beban masyarakat. “Ini (mudik) kita dukung, karena mudik ini tradisi masyarakat setiap tahun bersilaturahmi dengan keluarganya, tapi sudah dua tahun itu tidak dilakukan karena Covid-19,” ucapnya.

Sementara itu, Rizal pemudik tujuan Panyabungan mengapresiasi mudik gratis tersebut. Menurutnya, dengan adanya mudik gratis tentunya akan menghemat pengeluarannya saat berlebaran. “Senang ya, ada bantuan mudik gratis ini,” katanya.

Turut hadir pada pelepasan mudik gratis tersebut Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Pangdam I Bukit Barisan Achmad Daniel Chardin, Wakapolda Sumut Jawari, Sekdaprov Sumut Arief S Trinugroho, dan Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus.

Fasilitas bus gratis ini juga akan diberikan kepada pemuda saat pulang Kembali ke Medan.

 

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan