Kajianberita.com
Beranda Headline Jadwal Lebaran: Tareqat Naqsabandyah Deli Serdang dan Sumbar Hari ini, Besilam Ikut Pemerintah

Jadwal Lebaran: Tareqat Naqsabandyah Deli Serdang dan Sumbar Hari ini, Besilam Ikut Pemerintah

Kelompok Naqsabandiyah Patumbak, Deli Serdang melaksanakan sholat idul fitri hari ini

Jadwal lebaran berbagai kelompok keagamaan di Indonesia mengalami variasi di berbagai tempat. Kelompok Muhammadiyah memastikan jadwal idul fitri pada Jum’at besok 21 April 2023, sementara kelompok Tareqat Sattariyah, Aceh memutuskan lebaran hari ini Kamis 20 April. Ada pula sejumlah komunitas Islam lainnya yang memutuskan berlebaran hari ini.

Mereka di antaranya kelompok jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Padang, Sumatera Barat, dan jemaah Masjid Aolia di Yogyakarta yang sudah melaksanakan Salat Idulfitri hari ini.

Jemaah tareqat Naqsabandyah Al Kholidiyah, Desa Marindal I, Kecamatan Patumbak, Deli Serdang juga memutuskan lebaran hari ini. Pagi tadi sekitar 300 jemaat komunitas ini nampak khusyuk melaksanakan salat hingga ke teras rumah ibadah di desa itu dengan diimami Syekh Muda Nur Zikri.

Syekh Muda mengatakan, penetapan 1 Syawal 1444 Hijriah lebih awal dari ketetapan pemerintah ini merupakan keputusan dewan Mursyidin Tarekat Naqsyabandiyah, Bandar Tinggi, Simalungun, Sumatera Utara. Penetapan ini berdasarkan metode perhitungan hisab qomariah Naqsyabandiyah.

“Oleh karenanya kita selaku jemaat tarekat Naqsyabandiyah dimanapun berada melaksanakan salat Ied hari ini,” kata Syekh Muda Markum, Kamis (20/4/2023).

Syekh Muda menjelaskan, perbedaan penetapan awal Ramadan dan Lebaran dari pemerintah dan lainnya merupakan hal biasa. Dia berharap perbedaan dapat menjadi rahmat dan dijadikan pemersatu silaturahmi.

Berbeda dengan Tareqat Naqsabandyah  Deli Serdang, pusat persulukan Naqsabandiyah di Besilam, Langkat memutuskan ikut kepada keputusan Pemerintah berdasarkan penelitian hilal. Berdasarkan perkiraan Kementerian Agama RI, lebaran versi Pemerintah kemungkinan jatuh pada Sabtu 22 April. Tapi semuanya  bergantung hasil proses sidang hilal yang berlangsung sore ini dan esok. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan