Kajianberita.com
Beranda Headline Siap-Siap, Medan dan Berbagai Kota di Indonesia akan Dilanda Cuaca Panas Hingga Juni 2023

Siap-Siap, Medan dan Berbagai Kota di Indonesia akan Dilanda Cuaca Panas Hingga Juni 2023

Cuaca panas yang cukup ekstrim sedang melanda berbagai kota di wilayah Asia. Sebut saja misalnya beberapa kota di Banglades yang suhunya bisa mencapai  51 derajat celsius, sementara Kota Bangkok di Thailand suhunya mencapai 45 derajat Celsius. Situasi itu tentu saja sangat membahayakan bagi manusia dan makhluk hidup lainnya.

Indonesia masih bersyukur karena suhu sepanas itu tidak melanda negeri ini. Namun setidaknya Ada 10 wilayah di Indonesia yang akan  mencatat suhu panas tertinggi yaitu 37,5 derajat celsius.

Peneliti iklim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Siswanto mengatakan setidaknya 10 lokasi stasiun meteorologi di Indonesia mencatat suhu maksimum udara permukaan di atas 35 derajat celsius sejak tanggal 15 April.

BMKG mencatat dalam lima hari terakhir suhu maksimum tertinggi tercatat di Balai Besar BMKG Wilayah II, Ciputat, yaitu 37,2 derajat celsius pada tanggal 17 April.

Menurutnya, kisaran suhu maksimum siang hari 35-37,5 derajat celsius di Indonesia masih dalam kisaran normal suhu maksimum dan belum masuk dalam definisi gelombang panas.

”Memang suhu dapat terasa lebih panas dan terik dari biasanya, tetapi belum ekstrem di atas 40 derajat celsius,” katanya.

Siswanto juga menambahkan, secara klimatologis, bulan April-Mei-Juni tercatat sebagai bulan-bulan di mana suhu maksimum mengalami puncaknya di Jakarta, selain Oktober-November.

Suhu tertinggi di Indonesia

  1. Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah II ( Tangerang Selatan, Banten ) sebesar 37,2 derajat (17 April 2023)
  2. Stasiun Meteorologi Pangsuma ( Putussibau, Kapuas Hulu, Kalbar ) sebesar 36,6 derajat celcius (18 April 2023)
  3. Stasiun Meteorologi Nangapinoh ( Melawi, Kalbar) sebesar 36,5 derajat celcius (18 April 2023)
  4. Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah I ( Medan ) sebesar 36,5 derajat celcius (15 April 2023)
  5. Stasiun Meteorologi Tabelian ( Sintang, Kalbar )sebesar 36,3 derajat celcius (18 April 2023)
  6. Stasiun Meteorologi Tarempa ( Natuna, Kepri ) sebesar 36,2 derajat celcius (16 April 2023)
  7. Stasiun Geofisika Deli Serdang ( Pancurbatu, Deliserdang, Sumut ) sebesar 36,2 derajat celcius (15 April 2023)
  8. Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah II (Tangerang Selatan) sebesar 36,2 derajat celcius (15 April 2023)
  9. Stasiun Klimatologi Banten ( Tangerang Selatan) sebesar 36 derajat celcius (17 April 2023)
  10. Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah II ( Tangerang Selatan, Banten ) sebesar 36 derajat celcius (16 April 2023)

 

Ini Dia 10 Kota di Asia dengan Suhu Harian Tertinggi

  1. 17 April, Kumarkhali, Kusthia, Bangladesh = 51,2
  2. 20 April, Chauk (Myanmar) = 45,5
  3. 18 April, Chauk (Myanmar) = 45,3
  4. 18 April, Bundi (India) = 45,2
  5. 19 April, Chauk (Myanmar) = 45,0
  6. 19 April, Nyaung-U (Myanmar) = 45,0
  7. 14 April, Chauk (Myanmar) = 44,8
  8. 18 April, Prayagraj/ Ghoopur (India) = 44,6
  9. 17 April, Prayagraj/ Ghoopur (India) = 44,6\
  10. 15 April, Tak (Thailand) = 44,6.

 

Pola tersebut mirip dengan pola suhu maksimum di Surabaya. Sementara di Semarang dan Yogyakarta, pola suhu maksimum akan terus naik secara gradual pada bulan April dan mencapai puncaknya pada bulan September-Oktober.

Ia mengatakan fenomena suhu udara tinggi yang terjadi saat ini di Indonesia tampaknya lebih dikontrol oleh pengaruh posisi gerak semu matahari dan mulai bertiupnya angin monsun kering dari Benua Australia.

Hal ini berdampak pada kurangnya tutupan awan di atas wilayah Indonesia sehingga sinar matahari langsung mencapai permukaan bumi tanpa adanya penghalang awan.

Sementara itu, BMKG Wilayah I Medan juga mengatakan Kota Medan mengalami suhu panas yang ekstrem. Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Defri Mandoza mengatakan, selama beberapa hari ini suhu di Kota Medan berkisar 34 hingga 36,5 Celsius. Suhu ini berlangsung sejak awal bulan April hingga sekarang.

Penyebab panas menyengat disebabkan posisi semu matahari yang berada di sekitar dekat ekuator, dalam pergerakannya ke utara hingga Juni nanti. Kemudian, ditambah cuaca selama bulan April berawan pagi, hingga siang. Hal inilah yang membuat awan yang menutupi sinar matahari berkurang.

“Kondisi ini dapat memicu Suhu yang cukup panas di wilayah Sumatera Utara pada siang hingga sore hari,”kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Defri Mandoza, Sabtu (15/4/2023).

Cuaca panas menyengat ini diperkirakan berlangsung sampai bulan Juni mendatang. Namun, kondisi isi masuk dalam kategori normal terutama di dalam masa musim transisi ke musim kemarau.

“Kondisi ini dapat memicu Suhu yang cukup panas di wilayah Sumatera Utara pada siang hingga sore hari,” ucapnya.

Terkait hal ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkap sejumlah penyebab suhu panas yang ekstrem di Indonesia melalui sebuah unggahan di akun Instagram resminya, @infobmkg.

Suhu panas yang ekstrem di Indonesia disebabkan karena dinamika atmosfer yang tidak biasa. Suhu panas bulan April di wilayah Asia Selatan secara klimatologis dipengaruhi oleh gerak semu Matahari.

Disebutkan lonjakan panas tahun 2023 ini adalah yang terparah, tak hanya itu tren pemanasan global dan perubahan iklim serta gelombang panas “heatwave” semakin berisiko berpeluang terjadi 30 kali lebih sering. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan