Kajianberita.com
Beranda Sumut Tocan Upayakan Galang para Dermawan untuk Membantu Korban Kebakaran Pulo Brayan

Tocan Upayakan Galang para Dermawan untuk Membantu Korban Kebakaran Pulo Brayan

Toni Candra alias Tocan (kanan) bersama relawan saat menyalurkan bantuan bagi korban kebakaran Pulo Brayan

Tragedi kebakaran yang menghanguskan sekitar 21 rumah di kawasan Jalan Pertempuran, Lorong VII, Pulo Brayan Kota, Medan Barat, Sabtu (22/4/2023) dinihari terus menghadirkan simpati publik. Berbagai bantuan terus mengalir.

Salah seorang tokoh masyarakat Tionghoa Medan, Tony Candra  berperan aktif mengkoordinasikan bantuan itu. Sejauh ini telah ada beberapa organisasi yang menyalurkan bantuannya melalui Gerakan social yang digagas oleh Tony Candara.

Politisi Demokrat yang akrab disapa Tocan ini setidaknya telah menyalurkan bantuan dari sejumlah organisasi dan yayasan kemanusiaan. Bantuan itu terdiri dari makanan pokok, pakaian layak pakai dan sejumlah uang tunai. Tocan masih terus bergerilya untuk mengundang para pihak menyalurkan bantuan bagi korban bencana itu.

“Sudah ada pos untuk penerima bantuan di lokasi itu. Bagi dermawan yang ingin menyalurkan bantuannya, bisa langsung datang ke lokasi. Mari kita bantu saudara-saudara kita yang mengalami bencana itu,” kata Tocan.

Sejak bencana itu terjadi, Tocan mengaku terpanggil untuk meringankan penderitaan para korban. Ia bersyukur sebab cukup banyak demawan dan organisasi serta partai politik yang berkenan membantu para korban.

Tocan sama sekali tidak memikirkan misi dibalik bantuan itu.

“Pokoknya jangan berpikiran macam-macam. Siapapun yang berkenan membantu, pasti akan kita sambut. Kita tujuannya untuk kemanusiaan, membantu saudara kita yang tertimpa musibah. Jadi jangan kaitkan dengan Kepentingan lain,” katanya.

Harapannya pun sederhana, Tony ingin kehadirannya dan rekan lainnya bisa memberikan keringanan bagi korban yang terkena musibah.

Seperti diketahui, sekitar 21 rumah terbakar di kawasan pemukiman padat penduduk terjadi sekira pukul 02.00 WIB, sabtu lalu. Sehari setelah bencana itu,  Lurah Pulo Brayan Kota, Sutrisno beserta warga setempat lansung mendirikan tenda pengungsian di lokasi kebakaran.

Ada sekitar 21 rumah dan lebih dari 75 jiwa yang kehilangan tempat tinggal akibat kebakaran.

Sutrisno menjelaskan asal api berasal dari salah satu rumah yang sedang ditinggalkan pemiliknya. Untuk penyebabnya masih dalam proses penyelidikan pihak berwajib.

Meski bantuan terus mengalir, namun bantuan itu relative tidak seimbang dengan kerugian yang mereka alami. Oleh karena itu Tocan masih berupaya agar dermawan dari daerah lain juga turut memberikan sumbangsihnya untuk meringankan beban para korban musibah. *

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan