Kajianberita.com
Beranda Headline Sang Alang Reuni Bersama Aktivis ‘Ganti Presiden’ di Medan, Dukung Pencalonan Anies Baswedan

Sang Alang Reuni Bersama Aktivis ‘Ganti Presiden’ di Medan, Dukung Pencalonan Anies Baswedan

Reuni aktivis ‘Ganti Presiden’ bersama Sang Alang Jumat (28/4/2023) di HRS Cafe di Jalan Sisingamangaraja Medan

Para aktivis yang pernah menggalang semangat ‘Ganti Presiden 2019’ pada Pemilu lalu, Jumat (28/4/2023) menggelar reuni di Medan. Hadir pada pertemuan itu musisi Raden Hardi Mardjono alias Sang Alang yang dikenal sebagai pencipta lagi ‘2019 Ganti Presiden’.  Reuni berlangsung di Café HRS Jalan Sempurna SM Raja Medan.

Sang Alang mengatakan kalau reuni itu sekedar melepas rindu dengan kawan-kawan seperjuangannya yang pernah ikut dalam gerakan rakyat pada Pemilu 2019.

“Kebetulan saya memang sedang berada di Medan, jadi teman-teman itu saya ajak kumpul melepas rindu, sekalian berdiskusi membahas Langkah pada 2024 ini,” katanya.

Nama Sang Alang sebagai musisi cukup terkenal di Indonesia karena lagu ciptaannya banyak mengandung lirik politik yang tajam. Dalam lagu ‘2019 ganti Presiden’ ia banyak mengkritik kebijakan pemerintah yang sering membohongi rakyat. Pemerintah dianggapnya banyak berlindung dari buzzer-buzzer yang membangun citra lewat media social.

Pada Agustus 2020, bersama Ahmad Dhani dan Fadli Jon, ia juga menyanyikan lagu Sontoloyo yang menyindir berbagai kebijakan bodoh pemerintah sehingga merugikan rakyat.

Beberapa karya Sang Alang lainya yang cukup terkenal, antara lain,  Apa Maumu, Indonesia Satu dan Galau. Ia juga merilis album berjudul Sendiri dan Mengalir. Sang Alang sempat meraih nominasi Anugerah Musik Indonesia (AMI) Award untuk Artis Solo Pria/Wanita Rock/Instrumentalia Rock Terbaik.

Sang Alang sempat bergabung dalam Partai Gerindra. Namun ketika melihat Prabowo memutuskan bersatu dalam cabinet Pemerintahan Jokowi, Sang Alang mengaku sangat kecewa sehingga ia pun memutuskan keluar dari Gerindra agar bebas mengkritik Pemerintah yang dianggapnya banyak melahirkan kebijakan yang tidak pro rakyat.

Raden Hardi Mardjono alias Sang Alang, musisi pencipta lagu 2019 Ganti Presiden

Dalam reuni bersama aktivitas di Medan, sejumlah teman lama Sang Alang tampak hadir, di antaranya Affan Lubis, pengurus Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama Sumatera Utara, Irmansyah Lubis ( dari Aliansi Penyelamatan Masjid Amal Silaturrahim), mantan walikota Medan Akhyar Nasution  serta puluhan perwakilan dari kelompok masyarakat lainnya.

Karena yang bertemu adalah teman-teman seperjuangan, tidak heran jika suasana reuni penuh dengan gelak tawa. Tentu saja  Perkembangan politik terkini menjadi salah satu topik yang dibahas peserta reuni.

Menariknya, seluruh peserta reuni itu adalah pendukung Anies Baswedan pada Pemilu Presiden 2024. Tak heran jika strategi untuk memenangkan Anies di wilayah Sumatera Utara turut menjadi pembicaraan para peserta.

Sang Alang mengaku akan berjuang memenangkan Anies Baswedan melalui karya seni. Ia akan menciptakan lagu yang menunjukka kepantasan Anies sebagai presiden dibanding kandidat lainnya.

Muncul pula usulan dari peserta reuni agar Sang Alang mengganti lirik 2019 Ganti Presiden dengan lirik yang sifatnya mendukung Anies.  Usulan tersebut, salah satunya datang dari Rinaldy, salah satu pegiat otomotif di Kota Medan.

Sang Alang menyambut suka cita usulan tersebut. Ia akan menyiapkan lirik baru agar dalam waktu dekat dapat disebarkan melalui jaringan media social. Di akhir pertemuan, Sang Alang dan aktivis Medan berencana merancang pertemuan selanjutnya yang lebih focus membahas soal politik dan seni. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan