Kajianberita.com
Beranda Headline Airlangga Hartarto, SBY dan AHY Diskusi Politik Secara tertutup, Tidak Semua bisa Diungkap

Airlangga Hartarto, SBY dan AHY Diskusi Politik Secara tertutup, Tidak Semua bisa Diungkap

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto

Dua putra Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono, menyambut kedatangan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Puri Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu malam.

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang juga sebagai Ketua Umum Partai Demokrat dan Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas sebagai Wakil Ketua Umum Partai Demokrat juga nampak didampingi Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky.

Airlangga Hartarto dan bersama rombongan Partai Golkar tiba di Puri Cikeas pada pukul 18.47 WIB.

AHY dan Ibas sebagai tuan rumah mempersilakan rombongan Partai Golkar masuk ke kediamannya melalui pintu pendopo untuk melakukan perbincangan tertutup bersama Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Kepala Badan Komunikasi Strategis/Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengungkapkan silaturahim itu ini dilakukan atas permintaan Airlangga Hartarto.

“Mengingat sebelum ini, Bapak SBY sering bepergian dan berada di Pacitan, mempersiapkan pembukaan Museum SBY-Ani. Pertemuan ini baru bisa dilaksanakan malam ini, apalagi momennya masih suasana Lebaran,” kata Herzaky dikutip dari ANTARA, Sabtu, 29 April.

Menurut Herzaky, silaturahim tersebut akan membahas seputar isu-isu kebangsaan terkini. Detail isi pertemuan akan disampaikan langsung oleh AHY dan Airlangga Hartarto usai pertemuan dalam konferensi pers bersama.

Partai Demokrat berkomitmen penuh memperjuangkan perubahan dan perbaikan bersama Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Koalisi Perubahan.

Herzaky menegaskan sudah menjadi keputusan di internal Partai Demokrat dan kesepakatan di Koalisi Perubahan bahwa Anies Baswedan adalah bakal calon presiden (capres) yang diusung pada Pemilu 2024.

Silaturahim dan komunikasi dengan berbagai elemen bangsa akan tetap dijalankan untuk kemaslahatan bangsa, tambahnya. Tidak hanya itu, kolaborasi dan komunikasi dengan berbagai elemen bangsa juga harus terus dilakukan meski saat ini tidak berada di koalisi yang sama.

“Permasalahan bangsa ini dan tantangannya ke depan makin kompleks. Butuh kerja keras dan kebersamaan seluruh elemen bangsa dalam menghadapinya,” ujar Herzaki.

Pertemuan Seru

AHY sendiri, usai pertemuan itu  mengatakan kalau silaturrahmi dan diskusi dengan Airlangga berlangsung seru. Kedua pihak terlihat sejalan dan sevisi dalam melihat Indonesia ke depan.

Meski demikian, AHY mengaku tidak semua yang dibahas itu bisa disampaikan ke public. Yang pasti,  AHY mengatakan pihaknya ataupun Golkar sama-sama membuka diri ke depan. Menurutnya, Demokrat dan Golkar sama-sama ingin berperan untuk berkontribusi lebih baik.

“Dengan demikian saya dengan sukacita membuka diri untuk bergabungnya kekuatan politik kami juga yang saat ini terus membangun koalisi perubahan tentu juga membuka diri, karena di negara besar tidak mungkin satu dua elemen saja yang berperan kita Golkar dan Demokrat ingin berperan lebih besar lagi, lebih baik lagi untuk negeri kita,” ucapnya.

Posisi Golkar sendiri masih belum jelas dalam konstelasi Pemilu mendatang. Koalisi Besar yang mereka bangun dengan Gerindra, PPP, PAN dan PKB sudah pasti terpecah setelah Sebagian dari partai itu mendukung Ganjar.

PPP dan PAN telah mengarah dalam Koalisi ke PDIP, sementara  Gerindra lebih focus untuk menggandeng PKB membangun Koalisi. Tinggal Golkar yang masih belum jelas.

Oleh karena itu, tidak heran jika silaturrahmi Golkar ke rumah SBY dan AHY malam ini  disebut-sebut merupakan langkah awal bagi Golkar membuka diri untuk bergabung dalam Koalisi Perubahan yang telah dibangun PKS, Demokrat dan Nasdem.

Simak Perkembangan selanjutnya dari dinamika Pilpress 2024 di Kajianberita.com. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan