Kajianberita.com
Beranda Headline Aksi May Day akan Berlangsung di Seluruh Dunia, Kota Medan Pusat Demo di Sumatera Utara

Aksi May Day akan Berlangsung di Seluruh Dunia, Kota Medan Pusat Demo di Sumatera Utara

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tattggu Tatareda memimpin rapat untuk penanganan aksi buruh Senin besok

Para pekerja dan kaum buruh akan menggelar unjuk rasa di beberapa lokasi saat memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day Senin, 1 Mei. Selain demo di Istana Kepresidenan, puluhan ribu buruh akan menggelar unjuk rasa di depan gedung DPR, acara di Istora Senayan dan berbagai kota besar di Indonesia.

Kota Medan akan menjadi salah satu lokasi demo para buruh untuk wilayah Sumatera Utara. Diperkirakan puluhan ribu buruh akan berunjuk rasa di kantor DPRD dan  Kantor Gubernur Sumut.   Aksi demo akan dimulai pukul 09.00 wib hingga 12.20 wib.

Presiden Konfederasi Serikat Buruh Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan demo di depan Istana Negara dan di depan gedung Mahkamah Konstitusi, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.  Ia  mengklaim aksi tersebut akan diikuti puluhan hingga ratusan ribu buruh dari berbagai organisasi. Dia menyebut hingga saat ini sudah ada 50 ribu buruh yang terkonfirmasi akan hadir dalam aksi.

Said menyebut rangkaian agenda juga akan diisi pidato oleh dua bakal calon presiden yang akan didukung partai buruh dalam rakernas beberapa waktu lalu.

Ribuan buruh diklaim akan hadir dalam aksi tersebut. Ada empat isu yang diangkat dalam May Day 2023. Pertama, cabut Omnibus Law UU No 6 Tahun 2023 tentang Cipta Kerja. Kedua, cabut Undang-Undang terkait parliamentary threshold 4 persen.  Ketiga, tolak RUU Kesehatan. Keempat, sahkan RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PPRT).

Guna mengamankan aksi buruh itu,  Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tattggu Tatareda, SH, SIK telah memimpin rapat koordinasi (rakor) dalam rangka pengamanan Bersama dengan melibatkan beberapa unsur terkait.

Rakor pengamanan digelar di Lantai II Ruang Patriatama Polrestabes Medan Jalan HM Said Medan, Sabtu (28/4/2023). Turut dihadiri oleh sejumlah PJU Polrestabes Medan dan Kapolsek sejajaran. Turut hadir Wali Kota Medan atau yang mewakili, Dandim 0201/Medan atau yang mewakili, Kadishub Kota Medan, Kasat Pol PP Kota Medan, Kadis Kesehatan, Kadis Ketenagakerjaan, Kadis P2K.

Kadis Kominfo, Pasi Ops Kodim Medan, Pasi Ops Denpom Medan, Ketua Kordinator Perayaan May Day, Ketua Exco Partai Buruh Sumut, dan Serikat Buruh /Federasi Buruh Perayaan May Day.

“Dalam pengamanan May Day ini Polrestabes Medan mengutamakan sikap persuasif dan humanis. Pengamanan ini juga dilaksanakan agar perayaan Hari Buruh dapat berlangsung lancar dan kondusif,”  Kata Kombes Pol Valentino.

Untuk itu, sejak pagi seruan aparat keamanan sudah disiagakan untuk mengamankan lokasi yang menjadi tujuan aksi demo para buruh di Kota Medan. (*)

 

 

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan