Kajianberita.com
Beranda Headline Zulkifli Hasan Tebar Fitnah, Sebut Koalisi Perubahan Sedang Goyah

Zulkifli Hasan Tebar Fitnah, Sebut Koalisi Perubahan Sedang Goyah

Zulkifli Hasan

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mulai menyebar fitnah kepada lawan politik yang tidak sejalan dengan mereka. Kepada wartawan Kamis (4/5/2023) Zulkifli menyebutkan bahwa  Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang dibentuk Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat sedang goyah.

Hal itu dia nyatakan saat berbicara soal  calon presiden yang akan diusung oleh partainya.  Tapi Zulhas, sapaannya, tidak menjelaskan secara rinci yang menyebabkan Koalisi perubahan sedang goyah.

“Capres ini sudah kelihatan, ada tiga. Ada Anies (diusung) Nasdem, PKS, Demokrat, tapi lagi begini (goyang), “kata Zulhas sembari menggoyangkan tangannya usai menghadiri rapat koordinasi bakal calon legislatif dan Dewan Pimpinan Daerah PAN di Sulawesi Selatan, Rabu, 3 Mei 2023.

Menteri Perdagangan itu tak menjelaskan lebih lanjut alasannya menyebut Koalisi Perubahan goyah. Dia lantas menjelaskan dua calon presiden lainnya.

“Sudah diumumkan juga Ganjar dengan PPP, yang belum itu kita. KIB itu ada tiga (PPP, PAN, PPP). PAN dan Golkar belum (tentukan capres). Satu lagi, KIK (Koalisi Kebangkitan Indonesia) yaitu Gerindra dan PKB, ini juga belum. Koalisinya oke, tapi pasangannya belum cocok,” ujar dia.

Tidak jelas mengapa Zulhas menuduh ada kegoyahan  di Koalisi Perubahan. Padahal sejauh ini, dari tiga Koalisi yang sudah terbentuk,  justru Koalisi Perubahan yang paling tenang dan adem. Nyaris tidak pernah ada perdebatan di Koalisi itu.

Hal ini jauh berbeda dengan PAN yang tampil sebagai partai tidak jelas. Ada kalanya mereka bergabung dengan Koalisi Besar di dikomandoi Gerindra, ada kalanya partai itu justru menjilad PDIP dengan mendukung pencalonan Ganjar sebagai presiden.

Baca juga: Aneh, Zulhas Mengaku Semua Keputusan PAN Tunduk Pada Keinginan Jokowi

Tidak heran jika sikap Zulhas itu mendapat sorotan aneh dari para politisi di Koalisi Perubahan. Menurut mereka, partai yang justru tidak jelas itu adalah PAN. Tidak punya sikap dan opportunis.

“Ada baiknya Zulhas memperbaiki partainya dulu ketimbang menyebar fitnah yang mengatakan ada yang goyang di Koalisi Perubahan. Sejauh ini Koalisi Perubahan lah yang paling  sejuk dan tenang,” kata Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Alhabsyi.

PAN sendiri, sejauh ini belum memutuskan sikap terkait calon presiden yang mereka usung.  Mengenai capres ini, Zulkifli Hasan menyatakan masih akan ditentukan lebih lanjut. Dia menyatakan masih akan ada pertemuan dengan petinggi partai lainnya untuk membahas hal itu.

Menurutnya, menentukan capres dan cawapres tidak mudah karena berbagai kepentingan yang dinamis. Di KIB saja misalnya, menurut dia, Partai Golkar telah jauh hari menentukan Ketua Umumnya, Airlangg Hartarto, sebagai capres sejak jauh hari berdasarkan hasil Musyawarah Nasional (Munas).

Meski belum memutuskan, tapi sudah bisa ditebak kalau PAN akan mendukung Ganjar. Zulhas sendiri mengakui kalau panglima tertinggi dari PAN adalah Jokowi, sehingga apapun keputusan Jokowi akan mereka patuhi.  (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan