Kajianberita.com
Beranda Headline Anies akan Umumkan Bakal Cawapresnya Pada Juni 2023, Siapa Kandidat Terkuat?

Anies akan Umumkan Bakal Cawapresnya Pada Juni 2023, Siapa Kandidat Terkuat?

Anies Baswedan saat masih mesra bersama SBY dan AHY

Partai NasDem membocorkan bahwa calon presiden (capres) yang diusungnya, Anies Baswedan, akan mengumumkan calon wakil presiden (cawapres) pada Juli 2023. Terdapat lima calon kuat yang berpeluang mendampingi Anies.

“Diumumkan sekitar bulan Juli 2023,” ujar Wasekjend DPP Partai NasDem, Hermawi Taslim, saat dikonfirmasi, Kamis (4/5/2023) malam.

Namun Hermawi belum bersedia membocorkan siapa sosok yang bakal jadi pendamping Anies untuk bertarung di Pilpres 2024.

Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto sebelumnya mengungkapkan bahwa terdapat lima nama cawapres yang berpeluang diusung Koalisi Perubahan. Kelima nama ini berpeluang berpasangan dengan Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

“Sekarang saya kuantifisir saja. Sekarang sudah ada lima kandidat yang sudah mengerucut,” kata Sugeng saat webinar Menakar Peluang Capres dan Format Koalisi Parpol 2024 yang ditayangkan di Youtube, Rabu (3/5/2023).

Kendati demikian, Sugeng memastikan bahwa keputusan tetap berada di tangan Anies, kendati saat ini terus dilakukan diskusi dengan sejumlah tokoh-tokoh baik agama, pendidikan, ekonomi, hingga pengusaha.

Elite Partai NasDem lainnya,Jakfar Sidik, meyakini cawapres Anies akan memberikan efek kejutan kepada masyarakat saat diumumkan nanti. Dengan efek kejut ini, masyarakat akan menganggap bahwa sosok yang diumumkan Anies merupakan kombinasi yang ideal untuk tampil di Pilpres 2024 mendatang.

“Akan dimunculkan, akan diberikan kejutan yang membuat semua wah memang ini pasangan ideal untuk memenangkan Capres dan membangun Indonesia di masa depan,” kata Jakfar

AHY Kandidat terkuat

Meski Nasdem tidak menyebut lima kandidat yang berpotensi mendampingi Anies Baswedan, tapi partai Demokrat memastikan bahwa AHY masuk dalam kandidat itu. Sejauh ini mereka malah meyakini kalau AHY adalah kandidat terkuat untuk mendampingi Anies Baswedan.

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyebut Ketua Umum Harimurti Yudhoyono (AHY) merupakan sosok dengan kriteria yang pas sebagai calon wakil presiden Anies Baswedan pada Pilpres 2024 mendatang.

“Kalau melihat kriteria yang disampaikan Mas Anies, Mas AHY itu masuk di semua kriteria. Apalagi, kalau kita cermati, di berbagai survei terakhir, Mas AHY tiga besar terus elektabilitasnya sebagai cawapres. Kalau capres tiga besarnya selalu ada Mas Anies, di cawapres selalu ada Mas AHY,” kata Herzaky saat dihubungi Kajianberita.com, Kamis malam (4/5).

Herzaky mengklaim bakal ada gerbong-gerbong lain yang merapat untuk mendukung Anies, apabila AHY diusung sebagai pendamping Anies dalam gelaran politik 2024.

Ia menilai bukan hanya mesin politik Demokrat yang menurutnya teruji militan, solid, dan kompak, ataupun sosok SBY sebagai Presiden Republik Indonesia selama dua periode di 2004-2014, melainkan banyak pendukung AHY dari berbagai segmen.

“Anak muda, pelaku UMKM, ibu-ibu rumah tangga, buruh, pekerja profesional, akademisi, aktivis, dan sebagainya,” jelas Herzaky.

Kendati demikian, Herzaky juga menegaskan partainya memberikan keleluasaan dan kewenangan kepada Anies untuk menentukan sosok pendamping sebagai cawapres. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan