Kajianberita.com
Beranda Headline Anies Kembali Gelar Pertemuan dengan Tim Koalisi Perubahan, Pastikan Cawapres dari Internal Koalisi

Anies Kembali Gelar Pertemuan dengan Tim Koalisi Perubahan, Pastikan Cawapres dari Internal Koalisi

Anies Baswedan memberi penjelasan kepada wartawan didampingi perwakilan dari partai Koalisi Perubahan

Dalam rangka mematangkan rencana aksi, Anies Baswedan kembali mengadakan  pertemuan dengan Tim Kecil Koalisi Perubahan (Nasdem, Demokrat, PKS), Jumat (5/5/2023).  Anies mengungkapkan pertemuan sebagai bentuk proses yang terus digodok di Tim Koalisi agar semuanya benar-benar siap menghadapi persaingan pada Pilpres nanti.

Ada sejumlah hal yang dibahas Anies Bersama tim kecil Koalisi itu, antara lain, soal temuannya terhadap situasi di masyarakat sebagaimana hasil  kunjungan lapangan di 90-an tempat selama bulan Ramadhan yang lalu. Anies juga membahas soal finalisasi calon wakil presiden.

“Tiga isu perubahan yang akan diusung adalah pertama terkait dengan kemiskinan, kedua terkait dengan biaya hidup dan kebutuhan pokok yang harganya tinggi, yang ketiga lapangan kerja,” ungkap Anies.

Sebagai bakal calon presiden yang diusung Koalisi Perubahan, Ia juga mengungkap, pertemuan rutin konsisten dilakukan untuk membahas perkembangan terkini dan merencanakan langkah strategis selanjutnya.

Dalam sesi tanya-jawab mengenai 5 nama bakal cawapres yang disodorkan oleh Koalisi Perubahan,  Anies mempertegas bahwa sosok calon pendampingnya di Pilpres 2024 idealnya berasal dari internal Koalisi Perubahan.

“(Apabila) berada dalam koalisi maka dalam konsiderasi (dipertimbangkan). Kalau tidak berada dalam koalisi ya sulit menjadi konsiderasi,” tegas Anies.

Melihat kepada kebijakan Anies itu, maka hampir dapat dipastikan kalau kandidat Cawapres sudah mengkerucut kepada kandidat yang berasal dari partai PKS dan Demokrat. Sejauh ini hanya dua nama yang mencuat dari internal kedua partai ini, yakni Agus Harimurti Yudhoyono (ketua Umum Demokrat) dan Ahmad Heriawan alias Aher ( PKS).

Anies Baswedan terlihat kompask bersama tim kecil Koalisi Perubahan

Meski demikian, terkait posisi Cawapres ini, seluruh anggota tim Koalisi tetap menyerahkannya kepada keputusan Anies sendiri.

Sementara itu Sekjen DPP Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya menegaskan, temuan tiga isu perubahan tersebut juga sama dengan temuan lapangan saat Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melakukan safari Ramadhan sepanjang bulan Maret dan April yang lalu.

Hal ini sejalan dengan laporan yang masuk dari mayoritas Anggota Fraksi Partai Demokrat (DPR RI/ DPRD Prov/ Kab/Kota) se-Indonesia, yang saat ini berjumlah 1864 orang.

“Selain 3 Isu harapan perubahan dan perbaikan yang disampaikan rakyat ke Pak Anies, Kami juga menemukan adanya kecemasan publik yang tinggi dalam menghadapi Pemilu 2024 ini.” Ungkap Riefky.

“Kekhawatiran terhadap terjadinya intimidasi, intervensi dan kecurangan Pemilu juga banyak kami temui dilapangan.” tutupnya, yang diamini oleh Anies dan para anggota tim kecil Koalisi Perubahan lainnya. (faz)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan