Kajianberita.com
Beranda Headline Ribuan Relawan PAN Deklarasikan Dukungan untuk Anies Baswedan Siang ini

Ribuan Relawan PAN Deklarasikan Dukungan untuk Anies Baswedan Siang ini

Sejumlah tokoh Senior PAN menegaskan dukungan mereka untuk Anies Baswedan. Deklarasi relawan PAN untuk Anies akan disampaikan Minggu siang ini di Senayan Jakarta

Sebagai partai yang sangat tunduk kepada  keinginan Presiden Joko Widodo, sudah bisa dipastikan kalau PAN akan memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo pada Pilpres mendatang. Namun keinginan itu ditolak oleh ribuan relawan PAN di Jakarta. Minggu siang ini (7/5/2023) ribuan relawan PAN di wilayah Jakarta justru akan mendeklarasikan dukungan mereka untuk Anies Baswedan.

Anies Baswedan yang merupakan bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan dipastikan bakal hadir dalam pengukuhan dan deklarasi kelompok relawan Amanat Indonesia (ANIES) yang didirikan oleh kader Partai Amanat Nasional (PAN). Pengukuhan tersebut bakal digelar di Stadion Tennis Indoor Senayan Kompleks GBK, Jakarta Pusat siang ini pukul 13.00 WIB.

“Insya Allah (Anies akan hadir),” ujar Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali, saat dihubungi Tempo, Ahad, 7 Mei 2023.

Ali menyebut bakal ada perwakilan Partai NasDem yang hadir di lokasi. Namun dia tidak menjelaskan apakah siapa yang mewakili NasDem dalam acara tersebut.

Dalam poster undangan yang Tempo terima, nantinya Anies Baswedan bakal berpidato di hadapan para relawannya tersebut. Pidato tersebut nantinya bakal berjudul “Meluruskan Jalan, Mencari Keadilan”. Untuk kelompok Relawan ANIES, panitia mengimbau untuk hadir mengenakan baju biru, sementara untuk simpatisan parpol diminta hadir dengan baju partai masing-masing.

Sementara itu, anggota PAN Sahrin Hamid nantinya bakal mendeklarasikan berdirinya relawan ANIES tersebut. Sahrin memastikan Anies sudah dipastikan akan menghadiri deklarasi tersebut. Ia optimistis bakal ada 10 ribu orang yang hadir dalam acara itu.

Sahrin mengatakan pidato Anies di acara tersebut sebagai momentum menyampaikan visi dan gagasannya untuk membawa Indonesia ke depan.

“Mas Anies sudah konfirmasi hadir. Pimpinan relawan juga kami undang, Sekber, dan organ relawan termasuk partai pengusung,” kata Sahrin.

Menanggapi Rencana relawan yang mendukung Anies Baswedan, pengurus PAN tidak bisa berbuat apa-apa.  Anggota DPR dari Fraksi PAN Guspardi Gaus menegaskan,  langkah kader PAN Sahrin Hamid membentuk relawan ‘Amanat Indonesia’ mendukung Anies Baswedan tak ada kaitannya dengan PAN.

“Enggak ada [kaitan dengan PAN]. Kalau relawan kan tidak ada dalam struktur, relawan kan enggak ada kaitannya dengan struktur partai,” kata Guspardi kepada Kajianberita.com, Jumat (5/5).

Guspardi menjelaskan DPP PAN belum memutuskan secara resmi tokoh yang diusung sebagai capres dan cawapres.

Guspardi menganggap wajar bila kader masih berbeda pandangan satu sama lain di fase penjaringan kandidat. Namun, ia memastikan semua kader akan tegak lurus mematuhi partai bila Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sudah memutuskan tokoh yang diusung PAN sebagai capres. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan