Kajianberita.com
Beranda Headline PKS Sumut Daftarkan Calegnya ke KPU, Porsi untuk Caleg Perempuan lebih dari 30 Persen

PKS Sumut Daftarkan Calegnya ke KPU, Porsi untuk Caleg Perempuan lebih dari 30 Persen

Pengurus PKS Sumut saat mendaftarkan calegnya ke KPU Provinsi Sumut, siang ini Selasa (9/5/2023)

PKS Sumatera Utara menjadi partai pertama yang mendaftarkan calon anggota legislatif (caleg) DPRD ke kantor KPU Sumut, Jalan Perintis Kemerdekaan, Selasa (9/5/2023). Partai ini memberikan porsi yang lebih banyak untul caleg perempuan yaitu di atas 30 persen.

“Alhamdulillah saat pendaftaran hari ini berkas-berkas komplit, memenuhi persyaratan jadi kita bisa memenuhi kuota 100 persen. Di mana perempuan lebih dari 30 persen kita ajukan 38 persen dari semua 12 dapil,” ujar Usman Jakfar saat diwawancarai usai pelaksanaan registrasi caleg.

Dikatakan Usman, selain perempuan, pihaknya juga mendaftarkan 10 orang caleg milenial. Hal ini, kata dia merupakan arahan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS.

“Termasuk juga ada milenial 10 orang, karena ini adalah arahan dari DPP. Kita juga meletakkan perempuan di nomor 1 dan juga milenial nomor 1, ini juga arahan dari DPP. Jadi perhatian kita kepada calon perempuan dan juga milenial. Kita berharap kiprah milenial ini diberikan ruang dalam bidang politik termasuk perempuan dalam bidang politik,” ungkapnya.

Usman Jakfar tak menampik akan banyak wajah-wajah baru yang mengisi kontestasi pileg 2024 di Sumut.

“Tahun ini memang harapan wajah-wajah baru ikut ambil bagian dalam kontestasi pemilu 2024. Jumlah yang kita daftarkan 100 persen, 100 orang sesuai dengan kursi yang ada di DPRD Sumut,” ucapnya.

Ia mengatakan, PKS Sumut menargetkan 20 kursi di DPRD Provinsi dengan harapan bisa mengusung Kepala Daerah dari kader mereka sendiri.

“Iya kita itu target minimal. Dan juga kita rasional. Tinggi-tinggi kita letakkan nanti orang bilang mengkhayal. Kita elihat target nasional dan dengan gambaran di BCAD kita jadi kita berharap itu bisa tercapai,” ungkapnya.

Usman berharap, adanya ruang yang cukup untuk perempuan dan milenial pada porsi caleg PKS 2024 mendatang bisa mendongkrak suara PKS di Sumatra Utara.

“Kita berharap tokoh-tokoh itu bisa mendongkrak suara PKS di Sumut. Termasuk juga perempuan dan milenial karena itu kita tempatkan perempuan nomor 1. Termasuk milenial sendiri jadi kita berharap generasi milenial akan banyak bergabung di PKS itu sendiri,” pungkasnya.

Pembukaan pendaftaran untuk Calon DPRD dan DPD RI masih dibuka hingga 14 Mei 2023 mendatang. Setelah PKS akan menyusul partai lain yang akan mendaftarkan calegnya ke KPU Provinsi.

Pendaftaran anggota PKS ke KPU hari ini bukan hanya dilakukan di Provinsi Sumatera Utara, tapi menyeluruh di Indonesia. Malah di daerah lain, pendaftaran caleg diwarnai dengan atraksi budaya. (trib/faz)

 

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan