Kajianberita.com
Beranda Sumut Bupati Toba Tegaskan Tidak Boleh Ada Radio yang Beroperasi Tanpa Memiliki izin Frequensi

Bupati Toba Tegaskan Tidak Boleh Ada Radio yang Beroperasi Tanpa Memiliki izin Frequensi

Kegiatan sosialisasi penggunaan izin frequensi radio di Ballroom Hotel Labersa, Balige, 11 Mei 2023

Penggunaan frequensi radio merupakan sesuatu yang mutlak harus diatur mengingat ruangnya sangat terbatas dan berpotensi menganggu keamanan komunikasi. Oleh karena itu, setiap perusahaan radio yang ingin beroperasi  di masyarakat wajib memiliki izin frequensi terlebih dahulu.

Mengenai keharussan untuk mendapatkan izin frequensi bagi radio dibahas dalam kegiatan osialisasi Izin Stasiun Radio (ISR) berbasis elektronik bertempat di Ballroom Hotel Labersa, Balige, 11 Mei 2023. Kegiatan itu dihadiri tim dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Perangkat Pos dan Informatika Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Medan, dan sejumlah perusahaan radio di Toba dan sekitarnya.

Sosialisasi itu juga menjelaskan bagaimana tata cara dan mekanisme penggunaan spektrum siaran radio, baik oleh instansi pemerintah, BUMN, swasta maupun masyarakat  agar berjalan lebih aman, sehingga frekuensi itu dapat iatur agar tidak saling mengganggu dan tercipta kelancaran alur frekuensi serta dapat digunakan sesuai ketentuan yang ada.

Bupati Toba Ir Poltak Sitorus mendukung kegiatan sosialisasi itu agar masyarakat di wilayah Sumatera Utara memahami betapa pentingnya sistem perizinan dalam pengelolaan perusahaan radio.

“Pokoknya tidak ada alasan untuk tidak mengurus izin penggunaan frekuensi bagi perusahana radio, karena tanpa adanya izin itu maka ia telah melanggar aturan hukum. Aparat bisa bertindak,” katanya. Poltak juga mengingatkan agar jangan sampai ada perusahaan radio di Sumut yang beroperasi tanpa izin.

Bupati Poltak Sitorus juga berpesan agar para peserta bersungguh sungguh dalam mengikuti kegiatan sosialisasi ini dengan harapan kedepannya dapat memahami pengelolaan dan sistem perizinan disamping mari gunakan frekuensi ini untuk membangun bangsa.

Turut mendampingi Bupati Toba pada sosialisasi, Kadis Kominfo, Sesmon TB Butarbutar,  Kadis Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan, Reguel Hasadaan dan Bagian Prokopim. (*)

 

 

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan