Kajianberita.com
Beranda Headline Upaya Cuci Tangan, Bobby Pecat Kepala Dinas yang Terlibat Penanganan Proyek Lampu Pocong

Upaya Cuci Tangan, Bobby Pecat Kepala Dinas yang Terlibat Penanganan Proyek Lampu Pocong

Syarifuddin Irsan Dongoran, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Medan yang dipecat Bobby

Kegagalan proyek Lampu Pocong di Kota Medan memaksa Walikota Bobby Nasution harus melakukan tindakan keras kepada bawahannya. Yang menjadi korban adalah Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Medan, Syarifuddin Irsan Dongoran.

Pejabat ini dicopot dari posisinya oleh Bobby Nasution sebagai buntut pekerjaaan lampu jalan yang dianggap proyek gagal. Bobby menyebutkan kalau kegagalan itu karena kesalahan anak buahnya, bukan karena kesalahannya.

Syarifuddin Irsan Dongoran adalah  ASN senior yang sudah banyak menduduki jabatan di Pemkot Medan. Mulai dari Wali Kota Medan dijabat oleh Rahudman Harahap, Akhyar Nasution hingga Bobby Nasution saat ini.

Ia pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Aset dan Perlengkapan Setda Kota Medan. Kemudian pada Jumat 7 Februati 2014, Dzulmi Eldin melantik Dongoran sebagai Wakil Direktur Bidang Administrasi Umum RSUD Dr Pirngadi Medan.

Di masa kepemimpinan Akhyar Nasution sebagai Wali Kota, Dongoran kemudian dilantik sebagai staf ahli, tepatnya pada Jumat 3 Juli 2020. Ia dipercaya sebagai Staf ahli Wali Kota Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan.

Saat kepemimpinan Bobby Nasution dimulai di Pemko Medan, pria kelahiran 1969 tersebut kemudian dilantik sebagai Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Rabu 29 Juni 2021.

Pada awal tahun 2023 ini, menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu kembali mempercayai Dongoran sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Medan. Jabatan itu dia emban usai Dinas Kebersihan dan Pertamanan dileburkan oleh Bobby.

Walikota Bobby Nasution mengatakan kegagalan proyek lampu pocong adalah kesalahan anak budahnya dan kontraktor.

Terbaru, Dongoran dicopot oleh Bobby dari jabatannya dan menunjuk Meirnasari sebagai pelaksana harian oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Medan. Dongoran sendiri saat ini menjadi staf atau nonjob di BPBD Kota Medan.

Syarifuddin Irsan Dongoran sendiri merupakan mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan tahun lalu. Saat itu, proyek lampu jalan senilai Rp 25,7 miliar ditangani oleh dinas tersebut dan berakhir sebagai proyek gagal setelah Inspektorat melakukan pemeriksaan

Kepala BKPSDM Kota Medan, Sutan Tolang Lubis membenarkan Bobby mencopot Syarifuddin Irsan Dongoran dari jabatan Kadis Ketapang.

“Iya pemberhentian dari jabatannya,” kata Sutan Tolang Lubis sebagaimana dikutip Kajianberita dari detik.com, Jumat (12/5/2023).

Bobby juga telah memaksa agar uang Rp 21 miliar yang telah diberikan kepada kontraktor harus ditarik kembali. Alasannya, proyek itu telah gagal total. Namun kontraktor tampaknya tidak mau tunduk kepada tuntutan Bobby ini, sebab mereka mengaku sudah menjalankan proyek sesuai rencana. (faz/det)

 

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan