Kajianberita.com
Beranda Headline Siap-Siap, Tilang Manual di Jalan Raya akan Kembali berlaku di Wilayah Sumatera Utara

Siap-Siap, Tilang Manual di Jalan Raya akan Kembali berlaku di Wilayah Sumatera Utara

Sistem tilang di jalan raya yang akan kembali diaktifkan Polri

Sudah hampir setahun terakhir ini tilang yang biasanya dilakukan polisi di jalan raya sudah berkurang. Sistem tilang mulai dilakukan secara elektronik melalui camera yang telah  dipasang di sejumlah persimpangan.

Meski demikian, tingkat pelanggaran lalu lintas tampaknya meningkat dratis. Kasus pencurian kendaraan juga tidak bisa ditekan. Malah semakin meningkat. Hal itu yang memaksa Mabes Polri mengumumkan akan mengaktifkan Kembali sistem tilang manual yang dilakukan dijalan raya oleh Polisi Lalu Lintas.

Terkait sistem tilang manual ini,  Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda, mengatakan masih menunggu arahan dari Polda Sumut.

“Memag benar sudah ada perintah dari Mabes Polri bahwa tilang manual kembali dioptimalkan. Namun begitu, Polrestabes Medan sedang berkoordinasi dengan Polda Sumut untuk arahan lebih lanjut,” katanya, Sabtu (13/5) petang.

Ada pun prosedur tilang itu masih menunggu dari Mabes yang akan disampaikan ke Polda Sumut. Selanjutnya seluruh jajaran Polres akan melaksanakan tilang manual tersebut.

Diketahui, Mabes Polri kembali menjalankan sistem tilang manual yang nantinya diberikan kepada para pelanggar lalu lintas saat berkendara di jalan raya. Dioptimalkan kembali tilang manual itu berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/830/IV/HUK.6.2./2003/12 April 2023.

Digunakannya kembali tilang manual untuk mengoptimalkan sistem tilang berbasis ETLE karena masih ada kekurangan. Walau begitu, tilang elektronik atau ETLE masih tetap dilangsungkan untuk menindak setiap pelanggar lalu lintas.

Sejatinya sistem tilang manual sudah dilaksanakan sejak 11 Mei 2023. Namun untuk wilayah Sumut, tilang manual masih menunggu keputusan lebih lanjut. Diperkirakan pekan depan kebijakan tilang di jalan raya ini akan Kembali berlaku.

Oleh karena itu, Bersiap-siapkan. Jangan lupa lengkapi surat-surat kendaraan Anda saat berkendaraan di jalan raya. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan